Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Nusukan Surakarta

Farah Istinasiwi (Unknown)
Uswatun Khasanah (Unknown)
Vitalia Januarti (Unknown)
Sukarno Sukarno (Unknown)
Istiqomatul Chasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar media gambar dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada sekolah SD Negeri Nusukan Kota Surakarta. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil antara siklus I dengan siklus II ada perubahan secara signifikan, hal ini ditandai dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Dengan melihat perbandingan hasil tes siklus I dan siklus II ada peningkatan yang cukup signifikan, Dari analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 80,3 dengan persentase ketuntasan rata-rata 89% yang menunjukan peserta didik termasuk dalam kategori sangat terampil. Rata-rata peningkatan keterampilan menulis deskripsi peserta didik dari pra siklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media gambar merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Dimana model pembelajaran ini mempermudah pengertian/pemahaman siswa, memperjelas dan memperbesar bagian yang penting yang kecil sehingga dapat diamati, mempermudah pemahaman yang sifatnya abstrak, dan menimbulkan daya tarik pada diri siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...