Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mapel Pendidikan Pancasila Materi Keragaman di Lingkungan Sekitar Melalui Media Audiovisual

Idam Ragil Widianto Atmojo (Unknown)
Ayu Nur Cahyani (Unknown)
Toyib Nurcahyo (Unknown)
Wahyu Widi Wijayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila khususnya materi Keragaman di Lingkungan Sekitar dengan memanfaatkan media audiovisual. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Kemasan 1 Kota Surakarta di kelas 5 B yang terdiri dari 28 siswa, dengan rincian 13 laki-laki dan 15 perempuan. Proses penelitian dilakukan dalam 3 siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus, nilai rata-rata siswa tercatat sebesar 72,78 (46%), yang menunjukkan perlunya perbaikan. Setelah perbaikan pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,75 (64%), dan terus naik menjadi 86,78 (87%) pada siklus II. Pada siklus II, semua siswa telah mencapai KKM, menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...