Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila khususnya materi Keragaman di Lingkungan Sekitar dengan memanfaatkan media audiovisual. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Kemasan 1 Kota Surakarta di kelas 5 B yang terdiri dari 28 siswa, dengan rincian 13 laki-laki dan 15 perempuan. Proses penelitian dilakukan dalam 3 siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus, nilai rata-rata siswa tercatat sebesar 72,78 (46%), yang menunjukkan perlunya perbaikan. Setelah perbaikan pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,75 (64%), dan terus naik menjadi 86,78 (87%) pada siklus II. Pada siklus II, semua siswa telah mencapai KKM, menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024