Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas V B SDICT Al-Abidin

Riyadi Riyadi (Unknown)
Anna Nur Chasanah (Unknown)
Lisa Mayangsari (Unknown)
Kartika Ayu Hidayah Ariftina (Unknown)
Ayuputri Ekka Nur Haliza (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) di Kelas V B SDICT Al-Abidin. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL secara signifikan meningkatkan aktivitas pembelajaran serta hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar meningkat dari 26% menjadi 57%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan hasil beajar pada pembelajaran matematika materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...