Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPAS Pokok Bahasan Rantai Makanan di Kelas V SD Negeri Tegalayu

Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret)
Devi Kurnia (Universitas Sebelas Maret)
El Sinta Aknesia Prabulingga (Universitas Sebelas Maret)
Rista Ananda Ningias (Universitas Sebelas Maret)
Fini Suci Nuswantari (SD Negeri Tegalayu)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi rantai makanan dalam mata pelajaran IPAS kelas 5. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Tegalayu yang berjumlah 13 peserta didik. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan observasi dan tes. Observasi dilaksanakan oleh pengamat untuk menilai peningkatan aktivitas pembelajaran. Tes dilaksanakan sebanyak 3 kali untuk menilai peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPAS peserta didik pada materi rantai makanan yang dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas guru dari 76,5% menjadi 94%, aktivitas peserta didik dari 62,8% menjadi 86%, serta presentase ketuntasan peserta didik yang semula 84,62% menjadi 92,31%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPAS peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...