Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Project Based Learning Pada Materi IPAS: Perubaham Zat Benda di SD Negeri Gonilan 02

Risalatul Meiana Putri (Universitas Sebelas Maret)
Rahajeng Pangestika (Universitas Sebelas Maret)
Risna Hanafi Aryadina (Universitas Sebelas Maret)
Sukarno Sukarno (Universitas Sebelas Maret)
Ary Setyawan Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS topik perubahan zat benda dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Subjek penelitian ini adalah 21 siswa kelas VI A SD Negeri Gonilan 02. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dikumpulkan melalui tiga metode utama: observasi, wawancara, dan penilaian proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS topik perubahan wujud zat memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa kelas VI A SD Negeri Gonilan 02, yang terlihat dari peningkatan hasil dari siklus I hingga siklus II. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan ketuntasan pada siklus I sebesar 66,67% (14 siswa tuntas) atau 33,33% (7 siswa yang belum tuntas) dan meningkat pada siklus II sebesar 85,71% (18 siswa tuntas) atau 14.29% (3 siswa belum tuntas). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS: Perubahan Zat Benda kelas VI A di SD Negeri Gonilan 02

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...