Jurnal Serambi Ilmu
Vol. 18 No. 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PROGRAM LINIER SISWA DI KELAS X MARKETING 1 SMK NEGERI 1 MEULABOH TAHUN AJARAN 2015/2016

Husna (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan hasil belajar Matematika dengan penerapan model problem based learning pada materi program linear siswa kelas X Marketing 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Pelajaran 2015/2016. Prinsip utama dalam pembelajaran matematika saat ini umumnya untuk memperbaiki dan menyikapi aktifitas-aktifitas belajar yang bermanfaat bagi siswa. Keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran harus ditunjang dengan disediakan aktifitas-aktifitas belajar yang khusus sehingga siswa dapat melakukan “doing math”. Pembelajaran berbasis masalah (Problem-based learning), merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) mengetahui aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model problem based learning pada materi program linier. (b) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi program linier dengan penerapan model problem based learning, dan (c) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan penerapan model problem based learning pada materi program linier di Kelas X Marketing 1 SMK Negeri 1 Meulaboh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X Marketing 1 SMK Negeri 1 Meulaboh. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar, dan angket. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem based learning dapat meningkatkan aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 65,91 % menjadi sebesar 77,27 % pada siklus keduadengan katagori baik, Model Problem based learning juga memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus pertama ketuntasan klasikal sebesar 63,64 % menjadi sebesar 81,82 % pada siklus kedua.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Serambi Ilmu will published an orginil manuscript sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere. The scope of the fields contained in Serambi Ilmu Journal covers the following ...