Manajemen pembelajaran sebagai usaha mengelola pembelajaran menuju pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran guru sertifikasi mata pelajaran Matematika pada MTsN Rukoh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru sertifikasi matematika, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengawas, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan KTSP dengan berpedoman pada BSNP yang diserahkan kepada kepala sekolah pada setiap awal semester. Perencanaan pembelajaran dirancang oleh masing-masing guru tanpa melalui forum MGMP. Sebagian guru mendapatkan perangkat perencanaan dari teman-temanya, dari internet dan dari perencanaan yang telah mereka susun pada tahun sebelumnya. 2) Pelaksanaan pembelajaran sebagian guru tidak menjadikan RPP sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inti, sebagian guru kurang melibatkan siswa dalam mencari informasi, tidak beragam menggunakan pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran, kurang melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran, jarang memberikan umpan balik positif dan penguatan serta jarang memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dan memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh. 3) Evaluasi yang dilaksanakan hanyalah evaluasi hasil belajar. Bagi siswa yang sudah mencapai ketuntasan akan diberikan pengayaan. Sedangkan bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan akan diberikan perbaikan (remedial).
Copyrights © 2017