Jurnal Serambi Ilmu
Vol. 22 No. 2 (2021): Jurnal Serambi Ilmu

Analisis Materi Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal dan Semangat Intrepreneurship Siswa

Rizka (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana hubungan materi pembelajarankewirausahaan terhadap semangat kewirausahaan siswa. Di samping itu,penelitian ini juga bertujuan untuk kendala-kendala yang dihadapi guru dalammeningkatkan semangat interpreneurship siswa pada tingkat SMP Negeri KotaBanda Aceh. Untuk memperoleh hasil yang maksimal penelitian inimenggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif.Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur kualitas materi pembelajarandan pengaruhnya terhadap semangat siswa setelah mengikuti pelajaran denganmenggunaka skala likert. Sedangkan pendekatan kualitattif digunakan untukmenemukan data-data yang akurat, tentang kendala-kendala yang dihadapidalam meningkatkan semangat kewirausahaan pada siswa. Mengingat jumlahpopulasi cukup banyak, maka data diambil dari 6 SMP negeri saja dengan totalpopulasi 1400 orang, sampel diambil menggunakan sistem teknik cluster danpurposive sampling. sesuai dengan rumus yang ditentukan maka jumlahsumber data siswa 149 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak terdapatpengaruh signifikan pembelajaran materi kewirausahaan dengan semangatinteprineurship siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh dengan kualitas materikatagori baik. Kendala utama yang dihadapi adalah minimnya waktu untukpembelajaran kewirausahaan, Perlu ada kejelasan materi pembelajaran dan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Serambi Ilmu will published an orginil manuscript sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere. The scope of the fields contained in Serambi Ilmu Journal covers the following ...