Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki perkembangan kemampuan penalaran matematis siswa melalui Model Discovery Learning di SMPN 6 Banda Aceh.Penelitian ini menjalankan pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara bersama-sama (mix method) dengan jenis penelitian Concurrent Triangulation Strategy.Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII-4 SMPN 6 Banda Aceh yang berjumlah 30 siswa. Sedangkan sampel penelitian yaitu lima siswa yang terdiriatas satu kelompok belajar yang dipilih secara random dari enam kelompok belajar.Data kemampuan penalaran matematis siswa dikumpulkan melalui tes kemampuan penalaran matematisdan wawancara semi terstruktur.Data kemampuan penalaran matematis siswa yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan melihat kesesuaian data tes dengan wawancara dan relevansinya dengan indikator kemampuan penalaran matematis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa melalui Model Discovery Learning berkembang secara bervariasi.Pada awal penerapan model siswa kesulitan mengembangkan kemampuannya.Hal ini disebabkan karena siswa belum terbiasa dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan sintaks Model Discovery Learning.Siswa terbiasa menerima materi dari guru dalam bentuk jadi.Upaya guru memotivasi dan menggali keberanian siswa pada akhirnya dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran dan mengembangkan kemampuan penalaran matematis.Implikasi penelitian ini yaitu penerapan Model Discovery Learning dapat mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa. Guru hendaknya memperluas penerapan model pembelajaran tersebut untuk materi matematika lainnya dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa
Copyrights © 2020