Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Metode Games Based Learning dengan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS tentang Indonesiaku Kaya Raya Kelas V SD

Fera Indriyansyah (Universitas Sebelas Maret)
Wahyudi Wahyudi (Universitas Sebelas Maret)
Ratna Hidayah (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penerapan metode GBL dengan media interakti, meningkatkan hasil belajar IPAS, kendala dan solusi yang ditemui. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri dari guru, peserta didik kelas V SDN 1 Adikarso. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian penerapan metode GBL dengan media interaktif melalui langkah-langkah: (a) mempersiapkan game yang dipilih, (b) menjelaskan konsep (c) menjelaskan aturan bermain, (d) bermain game, (e) merangkum pengetahuan, (f) melakukan refleksi. Ketuntasan hasil belajar siklus I = 80.44%, siklus II = 86.36%, siklus III = 100%.  Disimpulkan metode GBL dengan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPAS kelas V SDN 1 Adikarso. Kendala yang dijumpai peserta didik tidak menerima hasil permaianan, solusinya guru memberi pengertian kepada peserta didik untuk bertanggung jawab menerima hasil yang didapatkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...