Edumath
Vol 16 No 3 (2024): Edumath Volume 18 Nomor 1 Agustus 2024

SYSTEMIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERHADAP KEMAMPUAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Sulistyorini (Unknown)
Warpuah (Unknown)
Dwi Nastiti Atiyah (Unknown)
Syaiful Anam (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keterampilan yang diperoleh melalui penggunaan model PJBL atau Project Based Learning. Dalam studi ini mengaplikasikan metode Systematic Literature Review (SLR). Basis data pada Scopus, Erics dan Google Scholar selama 10 tahun terakhir yang digunakan dalam penelitian ini. Melalui hasil pencarian dan analisis didapat 25 artikel yang sesuai dan sejalan yang kemudian dikelompokkan berdasarkan kriteria inklusi sehingga menghasilkan 16 artikel yang dijadikan penelitian utama. Setiap item data selanjutnya akan dianalisis berlandaskan pada kemampuan yang dikembangkan dari hasil penelitian. Hasil analisis artikel ini dapat diambil hasil kesimpulan bahwa model pembelajaran PjBL memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan keterampilan teknis dan soft skill pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kata kunci: Kajian Literatur, Project Based Learning dalam pembelajaran matematika jenjang Sekolah Dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edumath

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Artikel yang dimuat dalam jurnal "Edumath" meliputi naskah tentang hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Dosen, Guru atau mahasiswa dibidang pendidikan matematika atau matematika, penelitian matematika murni, penelitian aplikasi matematika dalam kehidupan sehari hari dan penelitian literature ...