Journal of Development Education and Learning
Vol. 2 No. 1 (2024): January 2024

Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Sari, Resa Aprinita (Unknown)
Madita, Parina Ceria (Unknown)
Ahmadi, Devila laura Alvona (Unknown)
Munawwar, Irfan (Unknown)
Saputra, Mhd. Apri Nanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika anak sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan matematika realistik, siswa dapat membantu gurunya dalam memecahkan kesulitan matematika mereka sendiri. Hal ini mempunyai manfaat tambahan dalam membantu mereka memahami bagaimana matematika terhubung dengan keadaan dunia nyata. Penelitian ini menggunakan meta-analisis. Memformalkan tantangan adalah langkah awal dalam penelitian kami. Langkah kedua adalah menggunakan Google Scholar untuk mencari temuan penelitian dari jurnal online. Analisis data merupakan tahap ketiga dari proses penelitian, dan publikasi hasilnya merupakan tahap terakhir. Sepuluh artikel dikumpulkan dari publikasi yang berkaitan dengan teknik matematika praktis dan ditemukan dalam hasil pencarian. Oleh karena itu, siswa dapat memahami bagaimana konsep terhubung satu sama lain dan bagaimana konsep tersebut diterapkan pada situasi dunia nyata dengan menggunakan metode matematika realistis. Data dari sepuluh artikel tentang teknik matematika praktis dikumpulkan untuk penelitian ini. menunjukkan secara deskriptif bagaimana penerapan strategi matematika yang berguna meningkatkan skor rata-rata dari 59,29 menjadi 83,44. Terdapat perbedaan yang besar pada data pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jodel

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Development Education and Learning and Learning (Jodel) is an electronic journal which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, ...