Journal of Development Education and Learning
Vol. 3 No. 1 (2025): January 2025

Penerapan Model Pembelaaran Coomperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika

Suhaibah, Tengku (Unknown)
Zulhendri, Zulhendri (Unknown)
Fannisa, Hani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Berdasarkan fakta yang diperoleh dari SD Negeri 017 Rambah disusun Kubu Manggis desa Rambah Tengah Utara,Kec.Rambah,Kab.Rokan Hulu,Propinsi Riau bahwa diketahui masih rendahnya hasil belajar Matematika khususnya pada materi Bilangan Dua Angka ( bilangan 11 sampai dengan 20).Karena pada umumnya guru mengajarkan materi ini dengan metode ceramah,sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan pasif yaitu menerima apa saja yang dijelaskan oleh guru dan membuat daya ingatan peserta didik menjadi terbatas.Maka hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika.Untuk itu diperlukan perbaikan pembelajaran yang sesuai yaitu dengan penerapan model pembelajaran Coomperative Learning STAD untuk meningkatkan Hasil belajar matematika pada materi Bilangan Dua Angka (bilangan 11 sampai dengan 20) di Sekolah Dasar.Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas I yang berjumlah 2 orang.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas .Prosedur penelitian terdiri dari atas perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP),pengamatan/observasi,dan refleksi serta instrument.Instrumen berupa Lembar Kerja Peserta Didik/LKPD ,observasi peserta didik,dan lembar test pada siklus I dan siklus 2.Hasil penelitian menunjukan bahwa daya serap peserta didik pada siklus I adalah 72,5 ( baik) dengan 2 orang peserta didik,sedangkan pada siklus 2 adalah 97.5 (baik sekali).Dengan demikian penerapan model pembelajaran Coomperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas I Sekolah Dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jodel

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Development Education and Learning and Learning (Jodel) is an electronic journal which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, ...