Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 2 (2023): Desember 2023

Peran Guru Kelas Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Penyandang Disabilitas Di Sekolah Dasar Luar Biasa Inpres 73 Malaingkedi Kota Sorong

oktaviani, isra (Unknown)
Anggraini, Nisa Juniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Sekolah Dasar Luar Biasa yang berada di kota sorong ini mendidik peserta didiknya didasarkan pada struktur kurikulum sekolah (SDLB) tetapi menyesuaikan dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut. Perubahan kondisi fisik juga berpengaruh pada rasa kepercayaan diri seorang anak, serta ketidak mampuan fisik atau mental dapat menyebabkan seseorang merasa rendah diri dan bahkan malu untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti karena dalam penelitian ini berfokus pada peran guru kelas untuk meningkatkan kepercayaan diri penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif penelitian ini berupa tindakan serta kata-kata dari sampel yang diamati maupun yang telah diwawancarai secara langsung yakni kepala sekolah, guru kelas dan murid Sekolah Dasar Luar Biasa Inpres 73 Malaingkedi Kota Sorong. Ada berbagai macam-macam cara untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik penyandang disabilitas, hal yang harus ditanamkan pada diri peserta didik bahwa harus berani mencoba hal baru yang bersifat positif serta selalu menjalankan ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan hal tersebut dapat mengajarkan peserta didik untuk selalu bersyukur atas keadaan yang mereka miliki.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Misool

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Misool: Jurnal Pendidikan Dasar terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Desember dengan e-ISSN 2964-691X. Jurnal Misool diterbitkan oleh Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Sorong dengan Ruang lingkup Jurnal adalah: Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar Pembelajaran Matematika, ...