MEDIA EDUKASI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol. 1 No. 2 (2017): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN

EFEKTIVITAS MENDONGENG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Cahaya, I Made Elia (Unknown)
Poerwati, Christiani Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika melalui implementasi metode mendongeng pada anak usia dini. Penelitian dilaksanakan pada anak TK Widya Puspita Canggu kelompok B Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah action research dengan prosedur empat-tahap, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pengambilan tindakan, 3) Pengembangan, 4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi. Teknik observasi ini dipandu dengan menggunakan rubrik untuk merekam data mengenai kemampuan matematika yang ditunjukkan anak usia dini. Kemampuan matematika anak pada observasi awal persentase ketuntasan hanya dicapai oleh 14 anak (51,85%), siklus I sebanyak 18 anak (66,67%), dan siklus II 22 anak (81,48%). Metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan matematika anak.Kata Kunci : Matematika, Mendongeng, Anak Usia DiniAbstractThis study aims to improve mathematical skills through the implementation of storytelling methods in early childhood. The research was conducted on the children of Kindergarten Widya Puspita Canggu. The type of research is action research with four-stage procedure, namely: 1) planning, 2) action taking, 3) development , 4) reflection. The study was conducted in two cycles. Data collection method used in this research is through observation by using rubric guide to record data about mathematical ability shown by early childhood. The mathematics ability of children at the initial observation of the percentage of completeness is only achieved by 14 children (51,85%), cycle I is 18 children (66,67%), and cycle II 22 children (81,48%). The storytelling method can improve the mathematical ability of the child.Keywords : Mathematic, Storytelling, Early Childhood

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Education

Description

Media Edukasi, Jurnal Ilmu Pendidikan terbit dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian di bidang pendidikan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa ...