MEDIA EDUKASI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol. 4 No. 1 (2020): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN BOLING PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B1 DI TK WEDHA LESTARI

Geon, Agustina Farinda Bulu (Unknown)
Cahaya, I Made Elia (Unknown)
Prima, Elizabeth (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2021

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan melalui permainan boling. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B1 di TK Wedha Letari sebanyak 20 anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus; setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan atau evaluasi dan tahap refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode analisis data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil observasi awal sebelum dilakukannya tindakan menunjukkan anak memiliki ketuntasan kemampuan mengenal konsep bilangan sebesar 15%. Persentase kemampuan mengenal konsep bilangan ini meningkat pada Siklus I menjadi 45% dan pada siklus II menjadi 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan permainan boling dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini Kelompok B1 di TK Wedha Lestari.Kata kunci : permainan boling, konsep bilangan, anak usia diniAbstractThis study aims to find the improvement of students’ ability to recognize the concept of numbers through the game of bowling. The subjects of this study were 20 students of Kelompok B1 of TK Wedha Lestari. This study was a Classroom Action Research that conducted in two cycles with each cycle consisted of four stages: planning, implementing, observing and evaluating. Data were collected by observation dan documentation technique and then analyzed by descriptive data analysis method with a quantitative approach. The result of preliminary observations before any cycle done showed the students’ ability to recognize the concept of numbers is at 15%. This percentage increased to 45% in the first cycle and 80% in the second cycle. Based on these results, it can be conclude that the bowling game increased the recognition of numbers concept on early childhood of Kelompok B1 TK Wedha Lestari.Keywords : bowling game, the concept of numbers, early childhood

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Education

Description

Media Edukasi, Jurnal Ilmu Pendidikan terbit dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian di bidang pendidikan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa ...