PUSAKA: Journal of Educational Review
Vol. 1 No. 2 (2024): Action Research and Local Wisdom

Keterkaitan Permainan Tradisional “Boy-Boyan” dengan Mata Pelajaran PENJAS Materi Lari Jarak Pendek (SPRINT)

Wati, Sri Indah (Unknown)
Sari, Arissona Dia Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Pendidikan jasmani adalah pendidikan yang dapat melibatkan unsur jasmani, dan memiliki tujuan untuk menumbuhkembangkan segala aspek yang ada dalam diri siswa, seperti aspek sikap, pengetahuan dan motoriknya. Penjas lebih banyak menggunakan media gerak, salah satu alternatif materi yang dapat diberikan seperti permainan tradisional. Kebudayaan dan tradisi di Indonesia sangat beraneka ragam, salah satunya yaitu permainan tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pendidikan jasmani terkait dengan budaya permainan tradisional melalui tinjauan dan hasil dari beberapa penelitian sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, mengkaji, dan mengevaluasi semua penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik dengan pertanyaan penelitian yang relevan. Dengan menggunakan Metode SLR dapat dilakukan review dan identifikasi jurnal secara sistematis, yang setiap prosesnya mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan melakukan review artikel-artikel mengenai permainan tradisional pada materi lari jarak pendek. Penelitian ini, digunakan beberapa artikel jurnal atau prosiding yang diperoleh melalui Google Scholar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional boy-boyan bisa dikaitkan dengan materi lari jarak pendek (sprint).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjer

Publisher

Subject

Education Other

Description

PUSAKA: Journal of Educational Review committed to providing a streamlined submission process, rapid review and publication, and a high level of author service at every stage. It is a multi-disciplinary, open access, innovation-focused journal publishing research results from a broad range of ...