cover
Contact Name
Niken Vioreza
Contact Email
admin.ejerp@id-sre.org
Phone
+6285274023459
Journal Mail Official
admin.ejerp@id-sre.org
Editorial Address
PJER Editorial Office Indonesian Society of Researcher and Educator Cluster Cipedak Rose No. 12A, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12630, Indonesia. E-mail: admin.ejerp@id-sre.org; eurekajerp@gmail.com.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
PUSAKA: Journal of Educational Review
Published by S&Co Publishing
ISSN : -     EISSN : 30258251     DOI : https://doi.org/10.56773/pjer
Core Subject : Education,
PUSAKA: Journal of Educational Review committed to providing a streamlined submission process, rapid review and publication, and a high level of author service at every stage. It is a multi-disciplinary, open access, innovation-focused journal publishing research results from a broad range of education fields with the potential to impact social and academic development. PUSAKA: Journal of Educational Review is a scholarly publication by S&CO Publishing (a company in the publishing industry under the business license of CV. Samuel Manurung and Co.), in collaboration with the Indonesian Society of Researcher and Educator. Focusing on the field of education, the journal is dedicated to presenting high-quality research and best practices in the realm of education. The journal boasts a rigorous review process, with each article undergoing a single-blind review by at least two expert reviewers in the relevant field. This ensures the quality and accuracy of every published piece. PUSAKA: Journal of Educational Review welcomes a diverse range of article types and formats, with no restrictions on theoretical, empirical, or methodological content. As a result, the journal serves as a platform for various types of research, analyses, case studies, literature reviews, and theoretical contributions within the field of education. Encompassing all aspects of education, the subjects covered by the journal include, but are not limited to, formal education, non-formal education, higher education, lifelong learning, education policies, teaching strategies, curriculum development, technology in education, and contemporary educational issues. Backed by a strong collaboration between the publisher and the Indonesian Society of Researcher and Educator, and upheld by stringent review standards, the PUSAKA: Journal of Educational Review stands as a valuable resource for anyone interested in the advancement of education, both in theory and practice.
Articles 40 Documents
Penerapan Model Inkuiri pada Materi Operasi Hitung Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar Hikmah, Siti Nurun; Vioreza, Niken
PUSAKA: Journal of Educational Review Vol. 1 No. 1 (2023): Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Berdaya: Inovasi Kurikulum
Publisher : S&Co Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56773/pjer.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik sekolah dasar dalam operasi hitung pecahan melalui penerapan model inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V Ibnu Thufail, berjumlah 26 siswa, dari SDIT Al Muchtar Bekasi Utara. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, observasi, dokumentasi, tes pemahaman konsep dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri efektif meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik mengenai operasi hitung pecahan. Peserta didik menunjukkan keterlibatan yang aktif dan antusias dalam proses pembelajaran, lebih mampu memahami konsep dasar pecahan, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pecahan, serta mampu mengaplikasikan konsep tersebut dalam situasi nyata. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri pada materi operasi hitung pecahan dapat efektif meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik sekolah dasar. Oleh karena itu, model pembelajaran ini direkomendasikan bagi guru dan sekolah dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika, khususnya dalam topik operasi hitung pecahan.
Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Nugraheny, Devita Cahyani; Syukrilah, Zezen; Haliza, Febriana; Zahroh, Fatimah
PUSAKA: Journal of Educational Review Vol. 1 No. 1 (2023): Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Berdaya: Inovasi Kurikulum
Publisher : S&Co Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56773/pjer.v1i1.9

Abstract

Salah satu komponen yang penting dalam pendidikan adalah kurikulum. Kurikulum merupakan seperangkat rencana, pedoman yang terdiri dari tujuan, isi, bahan pelajaran dan cara yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengumpulkan informasi dan memberikan gambaran tentang Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian didapatkan melalui kajian Pustaka dari penelitian terdahulu dan kebijakan pemerintah. Berdasarkan kajian Pustaka dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kurikulum Merdeka untuk tingkatan sekolah menengah pertama menerapkan fase D dimana implementasi kurikulum Merdeka di tingkatan satuan pendidikan memerlukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik. Perencanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka menggunakan modul ajar, pelaksanaan pembelajaran banyak menggunakan sistem proyek, dan evaluasinya dilakukan dengan penilaian diagnostik. Penerapan kurikulum Merdeka dengan perencanaan yang baik, diharapkan dapat mengembangkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik secara maksimal.
Peningkatan Kemampuan Literasi Peserta Didik SMP Tritura melalui Program Kampus Mengajar Nugraheny, Devita Cahyani; Nuryani, Ida; Nuraeni, Een; Sirait, Grace Olivia; Az Zahra, Friska Putri
PUSAKA: Journal of Educational Review Vol. 1 No. 1 (2023): Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Berdaya: Inovasi Kurikulum
Publisher : S&Co Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56773/pjer.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan literasi peserta didik SMP Tritura melalui program kampus mengajar. Literasi adalah kemampuan berbahasa seseorang untuk berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitiannya berupa penelitian deskriptif. Dimana peneliti sendiri sebagai instrumen dan didukung dengan lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengambilan data dengan cara observasi dan tes. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan literasi peserta didik SMP Tritura.
Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi dan Peluang Penerapannya pada Kurikulum Merdeka? Vioreza, Niken; Hilyati, Wilda; Lasminingsih, Meti
PUSAKA: Journal of Educational Review Vol. 1 No. 1 (2023): Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Berdaya: Inovasi Kurikulum
Publisher : S&Co Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56773/pjer.v1i1.11

Abstract

Education for Sustainable Development (ESD) merupakan pendekatan penting dalam menghadapi tantangan global dalam mencapai pembangunan berkelanjutan. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, penerapan ESD menjadi krusial untuk mempersiapkan generasi muda dengan pemahaman dan keterampilan yang diperlukan dalam membangun masa depan yang berkelanjutan. Studi literature review ini dengan teknik mengamati, membaca, mengumpulkan, dan menganalisis data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, laporan, dokumen yang relevan. Penelitian ini membahas urgensi penerapan ESD dalam Kurikulum Merdeka di tengah kompleksitas isu-isu lingkungan, sosial, dan ekonomi yang semakin mendesak. ESD diketahui menjadi landasan penting untuk menciptakan kesadaran, tanggung jawab, dan tindakan konkret dalam menghadapi perubahan iklim, keanekaragaman hayati yang terancam, serta kesenjangan sosial. Selain itu, penelitian ini mengkaji peluang implementasi ESD pada kurikulum merdeka dengan menyoroti beberapa aspek, yaitu peluang bagi sekolah untuk mengintegrasikan nilai-nilai ESD dalam Kurikulum Merdeka, peluang dalam menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, peluang keterlibatan komunitas lokal dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan prinsip ESD, dan peluang pengembangan keterampilan holistik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ESD memiliki urgensi yang penting dalam membekali peserta didik sekolah dasar dengan pemahaman dan penerapan gaya hidup berkelanjutan sejak dini, serta Kurikulum Merdeka memberikan peluang berharga untuk mengintegrasikan ESD dan mendukung pembentukan generasi yang peduli terhadap keberlanjutan.
Penguatan Kemampuan Numerasi Peserta Didik melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV di SMP Tritura Rahma, Ima; Silaban, Friska Agustina; Fadhilla, Filza Septa; Nugraheny, Devita Cahyani
PUSAKA: Journal of Educational Review Vol. 1 No. 1 (2023): Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Berdaya: Inovasi Kurikulum
Publisher : S&Co Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56773/pjer.v1i1.13

Abstract

Kemampuan numerasi merupakan kemahiran dalam mencerna dan menggunakan matematika untuk konteks yang berbeda dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sahari-hari. Kemampuan numerasi berdasarkan PISA (Programme for International Student Assessment), peserta didik di Indonesia memiliki rata-rata nilai matematika sebesar 379. Skor tersebut masih dibawah rata nilai rata-rata OECD. Hal ini menunjukkan bahwa perlunya dilakukan penguatan kemampuan numerasi peserta didik. Pada penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran berbagai kegiatan mahapeserta didik dari kampus mengajar untuk memberikan penguatan kemampuan numerasi peserta didik. Metode penelitian yang diterapkan yaitu metode penelitian diskriptif kualitatif. Dimana peneliti sendiri sebagai instrument dan didukung dengan lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengambilan data dengan cara observasi dan tes. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat penguatan kemampuan numerasi peserta didik SMP Tritura. Hal ini dapat diketahui dari keberhasilan peserta didik menyelesaikan permasalah yang memnggunakan kemampuan numerasi.
Improvement of Literacy and Numeracy Abilities with Calistung Learning Using Card Media Prodyanatasari, Arshy
PUSAKA: Journal of Educational Review Vol. 1 No. 2 (2024): Action Research and Local Wisdom
Publisher : S&Co Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56773/pjer.v1i2.14

Abstract

SDN Blimbing is one of the primary schools in Blimbing village, Mojo sub-district, Kediri district. 90.90% of grade 1 students at SDN Blimbing experience difficulties in learning to read, write and count (Calistung). Low Calistung skills will reduce students' literacy and numeracy skills. To overcome this, it is necessary to provide Calistung learning program assistance to each student individually based on the level of difficulty and student needs. The type of research conducted is descriptive qualitative with Participatory Action and Learning (PALS) research and the learning strategy applied is collaborative learning, where the fun learning strategy is collaborated with the individual system and individualized educational program (IEP). This research activity was conducted through 4 stages: (1) Initial Data Collection, (2) Advocacy, (3) Assistance, and (4) Monitoring and evaluation. Based on the descriptive analysis conducted, it was found that the Calistung learning assistance program can improve the literacy and numeracy skills of grade 1 students of SDN Blimbing 1, Kediri District.
Penerapan Model Radec dan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatan Keterampilan Literasi Ulfa, Maria; Oktaviana, Eva; Hasanah, Nur
PUSAKA: Journal of Educational Review Vol. 1 No. 2 (2024): Action Research and Local Wisdom
Publisher : S&Co Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56773/pjer.v1i2.15

Abstract

Keterampilan literasi ialah bekal dalam menapaki pembelajaran di abad ke-21. Keterampilan literasi berkaitan dengan kemampuan memecahkan masalah secara praktikal dan diimplementasikan dalam bentuk lisan atau tertulis. Untuk dapat memecahkan masalah tentu perlu pengetahuan yang mumpuni dari kegiatan membaca, bertanya, berdiskusi, menjelaskan, dan menciptakan sesuatu. Tujuan penelitian ini ialah untuk menerapkan model RADEC dan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan literasi pada Siswa Kelas IVD SD Negeri Pondok Pinang 05 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Instrumen pengumpulan data, yakni tes menulis paragraf deskripsi, wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis menggunakan model flow analysis dari Milles and Hubberman. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data, peneliti, teori, dan metode. Penerapan model RADEC dan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan literasi pada Siswa Kelas IVD SD Negeri Pondok Pinang 05 Pagi Jakarta Selatan. Model RADEC, pembelajaran berbasis masalah, dan keterampilan literasi adalah pembelajaran yang saling berkaitan satu sama lain.
A Systematic Literature Review (SLR): Implementation of the Traditional Rubber Throwing Game in Science Learning on Adaptation of Living Creatures Luthfiah, Siti Zubaidah
PUSAKA: Journal of Educational Review Vol. 1 No. 2 (2024): Action Research and Local Wisdom
Publisher : S&Co Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56773/pjer.v1i2.16

Abstract

In the material on the adaptation of living creatures, several problems were found during the learning process. Previous researchers saw that during the learning process regarding the adaptation of living things, some students were less active and did not pay attention, because the teacher only used textbooks as media. The learning model used is observational, so that learning is less meaningful and makes students less motivated to study material on the adaptation of living things. This research aims to provide recommendations to teachers for creating interesting and fun learning by applying the traditional rubber throwing game to the material on adaptations of living creatures. The method used in this research is the Systematic Literature Review (SLR) method using the Google Scholar database. The results of research conducted by 3 previous researchers showed that the traditional game of throwing rubber can increase students' understanding and improve student learning outcomes. The rubber throwing game can be said to have succeeded in improving student learning outcomes seen from the student learning completion diagram and the class average score.
Pemanfaatan Permainan Tradisional Monopoli dalam Pembelajaran IPS pada Materi Jual Beli di Sekolah Dasar Indriani, Vivi Nur; Sari, Arissona Diah Indah
PUSAKA: Journal of Educational Review Vol. 1 No. 2 (2024): Action Research and Local Wisdom
Publisher : S&Co Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56773/pjer.v1i2.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan permainan Monopoli dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada materi Jual beli. Penelitian menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) yang bertujuan untuk mengenali, meninjau, dan mengevaluasi semua penelitian yang   relevan   sehingga   menjawab pertanyaan suatu penelitian ditetapkan. Systematic Literature Review (SLR) didefinisikan sebagai proses mengidentifikasi, menilai dan menafsirkan semua bukti penelitian yang tersedia dengan tujuan untuk menyediakan jawaban untuk pertanyaan penelitian secara spesifik. Peneliti menemukan sebanyak lima artikel yang membahas tentang media monopoli dalam pembelajaran IPS di SD. Hasil penelitian yang dimasukkan pada kajian literatur adalah analisis dan rangkuman dari artikel yang didokumentasikan terkait permainan tradisional monopoli dalam pembelajaran IPS di SD. Penyebab berkembang pesatnya teknologi menyebabkan peserta didik sering memainkan permainan modern sehingga menjadikan permainan tradisional kurang dikenalkan kepada peserta didik,  padahal  dengan  melalui  penyisipan  permainan  tradisional  dalam  pembelajaran membangkitkan gairah ranah sosial peserta didik, terutama karakter saling menolong, menghormati, dan memaafkan. Manfaat permainan monopoli ini adalah pada Interaksi antar pemain monopoli dapat mengasah atau meningkatkan kemampuan sosial peserta didik dengan teman-temannya. Permainan ini dapat menjadi cara yang bagus untuk menguji kecerdasan individu, strategi dan keterampilan. Permainan monopoli dapat mengasah keterampilan membuat strategi dan menggunakan uang secara bijaksana.
Keterkaitan Permainan Tradisional “Boy-Boyan” dengan Mata Pelajaran PENJAS Materi Lari Jarak Pendek (SPRINT) Wati, Sri Indah; Sari, Arissona Dia Indah
PUSAKA: Journal of Educational Review Vol. 1 No. 2 (2024): Action Research and Local Wisdom
Publisher : S&Co Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56773/pjer.v1i2.18

Abstract

Pendidikan jasmani adalah pendidikan yang dapat melibatkan unsur jasmani, dan memiliki tujuan untuk menumbuhkembangkan segala aspek yang ada dalam diri siswa, seperti aspek sikap, pengetahuan dan motoriknya. Penjas lebih banyak menggunakan media gerak, salah satu alternatif materi yang dapat diberikan seperti permainan tradisional. Kebudayaan dan tradisi di Indonesia sangat beraneka ragam, salah satunya yaitu permainan tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pendidikan jasmani terkait dengan budaya permainan tradisional melalui tinjauan dan hasil dari beberapa penelitian sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, mengkaji, dan mengevaluasi semua penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik dengan pertanyaan penelitian yang relevan. Dengan menggunakan Metode SLR dapat dilakukan review dan identifikasi jurnal secara sistematis, yang setiap prosesnya mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan melakukan review artikel-artikel mengenai permainan tradisional pada materi lari jarak pendek. Penelitian ini, digunakan beberapa artikel jurnal atau prosiding yang diperoleh melalui Google Scholar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional boy-boyan bisa dikaitkan dengan materi lari jarak pendek (sprint).

Page 1 of 4 | Total Record : 40