PUSAKA: Journal of Educational Review
Vol. 1 No. 2 (2024): Action Research and Local Wisdom

Pemanfaatan Permainan Tradisional Layang-layang dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar

Andriani, Putri Pradita (Unknown)
Sari, Arissona Dia Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam tentang konsep matematika melalui permainan tradisional dengan baik agar peserta didik dapat mengembangkan dan mengaplikasikannya pada pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Systematic literature review (SLR). Hasil studi literatur, menunjukkan bahwa permainan tradisional layangan khususnya pada materi bangun datar pada bagian kerangka layangan terdapat konsep dasar matematika seperti garis, panjang, diagonal, titik sudut, dan sudut. Berdasarkan bentuk permainan tradisional layangan dapat diperoleh rumus keliling dan luas layang-layang melalui pendekatan dua segitiga kongruen dan dua segitiga sama kaki pada bangun layang-layang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layangan dapat digunakan sebagai sarana dalam pembelajaran matematika. Permainan tradisional layang-layang secara tidak langsung dapat membentuk karakter pada peserta didik karena permainan layangan mengandung banyak manfaat bagi perkembangan anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjer

Publisher

Subject

Education Other

Description

PUSAKA: Journal of Educational Review committed to providing a streamlined submission process, rapid review and publication, and a high level of author service at every stage. It is a multi-disciplinary, open access, innovation-focused journal publishing research results from a broad range of ...