Penelitian ini membahas tentang Toxic Parents yang bertujuan untuk memberikan penanaman moral tentang dampak perilaku toxic parents terhadap perilaku emosional peserta didik di MI Al-Kautsar Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dangan pendekatan fenomenologi dan psikologis. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data mengikuti teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perilaku toxic parents memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap perilaku emosional peserta didik di MI Al-Kautsar kota sorong. Peserta didik yang terpapar lingkungan keluarga yang toxic cenderung menunjukkan gejala kecemasan, kurangnya percaya diri, dan kesulitan dalam mengelola emosi. Pola asuh yang tidak mendukung dan tidak sehat memengaruhi kesejahteraan emosional peserta didik dan berpotensi mengganggu perkembangan sosial dan akademik mereka. Ketidakstabilan emosional dan kecemasan yang dihasilkan dari lingkungan Toxic Parents juga dapat mengganggu kemampuan anak-anak untuk fokus dan belajar di sekolah. Mengatasi perilaku Toxic Parents memerlukan pendekatan yang sensitif dan berempati, baik dari pihak guru maupun orang tua.
Copyrights © 2024