PUSAKA: Journal of Educational Review
Vol. 2 No. 1 (2024): Learning Strategy

Dampak Toxic Parents terhadap Perilaku Emosional Peserta Didik

Darnanngsih, Darnanngsih (Unknown)
Ramli, Radhita Maharani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Toxic Parents yang bertujuan untuk memberikan penanaman moral tentang dampak perilaku toxic parents terhadap perilaku emosional peserta didik di MI Al-Kautsar Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dangan pendekatan fenomenologi dan psikologis. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data mengikuti teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perilaku toxic parents memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap perilaku emosional peserta didik di MI Al-Kautsar kota sorong. Peserta didik yang terpapar lingkungan keluarga yang toxic cenderung menunjukkan gejala kecemasan, kurangnya percaya diri, dan kesulitan dalam mengelola emosi. Pola asuh yang tidak mendukung dan tidak sehat memengaruhi kesejahteraan emosional peserta didik dan berpotensi mengganggu perkembangan sosial dan akademik mereka. Ketidakstabilan emosional dan kecemasan yang dihasilkan dari lingkungan Toxic Parents juga dapat mengganggu kemampuan anak-anak untuk fokus dan belajar di sekolah. Mengatasi perilaku Toxic Parents memerlukan pendekatan yang sensitif dan berempati, baik dari pihak guru maupun orang tua.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjer

Publisher

Subject

Education Other

Description

PUSAKA: Journal of Educational Review committed to providing a streamlined submission process, rapid review and publication, and a high level of author service at every stage. It is a multi-disciplinary, open access, innovation-focused journal publishing research results from a broad range of ...