Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan hubungan penguasaan diksi dan minat membaca dengan keterampilan menulis teks persuasif pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Jasinga Bogor. Penelitian ini berdasarkan masalah dari hasil survei di tempat penelitian yaitu  penguasaan diksi dan  minat membaca dalam keterampilan menulis teks persuasif masih tergolong rendah yang dibuktikan dengan nilai di bawah KKM. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi berganda. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 36 responden. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh hasil rhitung x1y yakni 0.633, rhitung x2y yakni 0.491 serta rhitung x1x2y 0.647 dan  rtabel masing-masing 0.278 dengan derajat kebebasan (df= 36-2 = 34) dan taraf signifikasi sebesar 0.05. Dapat disimpulkan dari perhitungan rhitung lebih besar dari rtabel artinya H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Perhitungan hasil akhir x1x2y sebesar 0.647>0.278  dengan keterangan kuat, dinyatakan bahwa terdapat hubungan penguasaan diksi dan minat membaca dengan keterampilan menulis teks persuasif pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Jasinga Bogor.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023