Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 5 Serang yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran LSQ (Learning Start With Question) berbantuan media Geoboard lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII SMP N 5 Serang sejumlah 352 siswa. Sampel penelitian di dapatkan dengan teknik random sampling. Populasi sebanyak dua kelas digunakan sebagai sampel yang dibentuk menjadi dua kelompok, yakni kelas VIII A menjadi kelompok eksperimen dan kelas VIII B menjadi kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian “Post Test Only Control Group Design”. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh melalui tes uraian yang telah valid dan reliabel serta diuji dengan Uji-t. Bersumber hasil analisis diperoleh bahwa thitung = 3,26797 > ttabel = 1,998971 sehingga H0 ditolak, artinya pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 5 Serang yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran LSQ (Learning Start With Question) berbantuan media Geoboard lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024