Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2024): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Pengaruh Model Pembelajaran LSQ (Learning Start With Question) Berbantuan Aplikasi Geoboard terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Handayani, Astuti (Unknown)
Hamidah, Hamidah (Unknown)
Kusuma, Jaka Wijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 5 Serang yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran LSQ (Learning Start With Question) berbantuan media Geoboard lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII SMP N 5 Serang sejumlah 352 siswa. Sampel penelitian di dapatkan dengan teknik random sampling. Populasi sebanyak dua kelas digunakan sebagai sampel yang dibentuk menjadi dua kelompok, yakni kelas VIII A menjadi kelompok eksperimen dan kelas VIII B menjadi kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian “Post Test Only Control Group Design”. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh melalui tes uraian yang telah valid dan reliabel serta diuji dengan Uji-t. Bersumber hasil analisis diperoleh bahwa thitung = 3,26797 > ttabel = 1,998971 sehingga H0 ditolak, artinya pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 5 Serang yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran LSQ (Learning Start With Question) berbantuan media Geoboard lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...