Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2022): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika

Meidianti, Anisa (Unknown)
Kholifah, Nur (Unknown)
Sari, Nur Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Artikel ini merupakan tinjauan literatur kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Artikel ini ditulis dengan tujuan memberikan pemahaman secara keseluruhan mengenai kemampuan pemahaman konsep matematis sekaligus memaparkan berbagai alternatif upaya dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dari penulisan artikel ini berupa uraian definisi pemahaman konsep matematis, uraian keterampilan pemahaman konsep matematis, dan pencapaian pemahaman konsep matematis pada diri peserta didik. Dari hasil tersebut, upaya diperoleh bagaimana guru dapat mengoptimalkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik di setiap kegiatan pembelajaran matematika. Melalui artikel ini, dapat dikatakan bahwa guru harus dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan pada peserta didik serta harus dipersiapkan dengan serius dan matang. Selain itu, guru juga harus rutin memberikan contoh serta latihan soal yang bervariasi dan tentunya membutuhkan kemampuan pemahaman konsep matematis yang tinggi. Sehingga peserta didik akan terbiasa menerapkan konsep tersbut dalam menyelesaikan permasalahan pada soal yang diberikan oleh guru ataupun dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...