Kemampuan representasi matematis merupakan bagian dari keterampilan yang diperlukan dalam proses pembelajaran matematika sehingga proses pemecahan masalah dapat diselesaikan secara tepat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui implementasi problem based learning. Penelitian ini digolongkan dalamstudikepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis. Model problem based learning memberikan stimulus kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, melatih dan membiasakan diri dalam memutuskan permasalahan baik secara individu maupun kelompok kecil, melatih untuk berpikir logis, menganalisis, memecahkan masalah sesuai prosedur yang tepat dan benar sampai pada tahap evaluasi. Aktivitas ini akan membantu siswa dalam proses mengembangkan kemampuan representasi matematis. Dengan demikian model problem based learning sangat baik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran yangdapat menunjang dan meningkatkankemampuan representasi matematis siswa di sekolah.
Copyrights © 2023