Etnomatematika merupakan salah satu penerapan pembelajaran matematika yang berkaitan dengan budaya. Objek kajian etnomatematika dalam penelitian ini adalah makanan tradisional Pekalongan, Sego Megono. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksplorasi etnomatematika pada makanan tradisional Pekalongan yang dikaitkan dengan pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan objek berupa makanan tradisional Pekalongan, Sego Megono, ini dapat dikaitkan dengan materi Persamaan Linear Satu dan Dua Variabel. Pembelajaran berbasis etnomatematika dapat memberikan dampak positif dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna karena sumber belajar siswa berasal dari lingkungan yang telah dikenali sebelumnya. Hasil penelitian ini berkaitan dengan proses pembelajaran matematika di sekolah dan diharapkan dapat dijadikan bahan ajar matematika pada jenjang sekolah menengah.
Copyrights © 2023