Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2022): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Hilaliyah, Hilaliyah (Unknown)
Annisa, Fadillah Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penalaran matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Metode dari penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Darul Ma’Arif Jakarta dan sampel sebanyak 32 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji deskriptif, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan dan pengolahan data yang telah dilakukan, didapat persamaan regresi X. Kemudian didapat nilai koefisien determinasi yaitu 41,01% menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dipengaruhi oleh faktor penalaran matematis sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Setelah dilakukan uji signifikan koefisien korelasi memperoleh hasil perhitungan thitung sebesar 4,558 pada taraf 5% diperoleh ttabel sebesar 2,042 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif yang signifikan penalaran matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...