Penilaian merupakan bagian dari Standar Nasional Pendidikan (SNP). Penilaian bertujuan untuk mengetahui pencapaian peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditentukan kurikulum. Penilaian terbagi menjadi dua bentuk, yaitu penilaian terstandar dan penilaian yang belum terstandar. Penilaian terstandar dilakukan oleh badan atau lembaga kompeten di bidang penilaian, baik pemerintah maupun swasta. Sementara itu, penilaian belum standar banyak dilakukan oleh guru di sekolah, baik pada saat melakukan tes formatif maupun tes sumatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas instrumen tes yang dibuat guru matematika di SMP Islam Nusantara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Islam Nusantara yang berjumlah 71 siswa. Sementara objek penelitian adalah soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil mata pelajaran matematika yang dibuat oleh guru. Hasil penelitian menyebutkan: 1) Hasil analisis telaah ahli terhadap perangkat soal penilaian akhir semester (PAS) yang dibuat oleh guru matematika kelas IX SMP Islam Nusantara memiliki memiliki tingkat validitas yang baik. Artinya, soal didesain dengan baik, sehingga menghasilkan kualitas rancangan tes yang baik; 2) Hasil analisis empiris menjelaskan bahwa tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas, reliabilitas, dan pengecoh soal memiliki kualitas yang baik. Artinya, hasil analisis telaah ahli dengan hasil analisis empiris memiliki hasil yang baik. Hal ini membuktikan telaah ahli terhadap soal sangat diperlukan agar memperolah kualitas soal yang baik dan layak diberikan kepada responden yang akan menjadi subjek penelitian
Copyrights © 2024