Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara konsep matematika dengan budaya pencak silat dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Data dikumpulkan dari lima artikel relevan, yang membahas unsur-unsur matematika dalam gerakan bela diri pencak silat di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan pencak silat mengandung konsep matematika, seperti sudut, yaitu lancip, siku-siku, tumpul dan lurus, bangun datar, yaitu segitiga, layang-layang, trapesium dan jajar genjang, hubungan antara garis sejajar, berpotongan dan tegak lurus, dan transformasi geometri, yaitu refleksi. Temuan ini menunjukkan bahwa pencak silat memiliki potensi besar sebagai media pembelajaran matematika berbasis budaya. Pendekatan etnomatematika melalui pencak silat dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara kontekstual dan relevan. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam cakupan data.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024