Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di MTs Safinatul Husna. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif dengan metode deskriptif. Penentuan subjek pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-B MTs Safinatul Husna yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes soal uraian kemampuan pemahaman konsep matematika siswa Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 36% siswa yang mempunyai tingkat pemahaman konsep matematika materi SPLDV dengan kriteria tinggi, 32% siswa yang mempunyai tingkat pemahaman konsep matematika materi SPLDV dengan kriteria sedang, dan 32% siswa yang mempunyai tingkat pemahaman konsep matematika materi SPLDV dengan kriteria rendah.
Copyrights © 2022