Hakikatnya evaluasi dibutuhkan sebagai upaya untuk menilai dan mengukur perkembangan belajar peserta didik. Namun, evaluasi tidak akan berjalan baik manakala alat ukur yang digunakan tidak diketahui sudah layak atau belum. Beberapa syarat dari alat ukur yang baik adalah terpenuhinya rasio jumlah butir soal berdasarkan tingkat kesukaran, memiliki butir soal ideal berdasarkan uji daya pembeda, dan fungsi distraktor yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah soal Penilaian Tengah Semester pada mata pelajaran matematika di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menelaah tiap butir soal yang berbentuk Pilihan Ganda berdasarkan data empirik. Sampel penelitian sebanyak 201 peserta didik yang semuanya adalah kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tingkat kesukaran, rasio jumlah butir belum proporsional. Berdasarkan hasil uji daya pembeda, terdapat tujuh butir yang harus direvisi dan hanya terdapat lima butir yang distraktornya tidak berfungsi.
Copyrights © 2023