Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2024): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Etnomatematika pada Siswa

Safitri, Aqilah Balqis (Unknown)
Maulidya, Trisha Hana (Unknown)
Hasugian, Erictanola (Unknown)
Yuni Rahmawati, Eva (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Di Indonesia, tingkat pendidikan masih tergolong rendah. Penyebab rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia terutama pada kemampuan literasi matematis siswa yaitu terbatasnya model pembelajaran yang digunakan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa melalui pembelajaran berbasis etnomatematika. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah literature review. Pengumpulan data yang dilakukan bersumber dari junal yang relevan pada database Google Scholar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam kemampuan literasi matematis. Oleh karena itu, etnomatematika dapat menjadi upaya untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...