Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2024): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Pengaruh Media Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Statistika Regresi

Pradita, Mutiea Ira (Unknown)
Sutini, Sutini (Unknown)
Yuliati, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam memahami matematika, khususnya pada topik statistika regresi, mendorong dilakukannya penelitian bertujuan untuk menanggulangi keluaran peserta didik yang tergolong sedang hingga kurang mampu. Hal ini diperuntukkan guna menganalisis pengaruh alat ajar pada output matematika kelas XI–A2 di SMAN 15 Surabaya. Sebelum penggunaan media pembelajaran, hanya 20% siswa (6 siswa) yang mencapai output pembelajaran tinggi. Setelah media terbuka diterapkan, terjadi peningkatan signifikan dengan 14 siswa atau 47% dari total siswa mencapai hasil belajar yang sedang. Hipotesis media ajar memiliki pengaruh besar terhadap output pengajaran matematika yang berdasarkan uji Paired Sample t-test menghasilkan nilai signifikasi yang dapat diterima lebih kecil dari 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...