Jurnal Kognisia
Vol 6, No 2 (2023): OKTOBER

Peranan Iklim Belajar terhadap Kepuasan Belajar dalam Sistem Blended Learning pada Mahasiswa STIE Pancasetia Banjarmasin

Rahmah, Iftihatul Aulia (Unknown)
Mayangsari, Marina Dwi (Unknown)
Zwagery, Rika Vira (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2025

Abstract

Sistem pembelajaran di Indonesia mengalami perkembangan yang begitu pesat. Penggunaan teknologi yang semakin canggih mampu memudahkan pengajar untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Blended learning merupakan Sistem pembelajaran saat ini menjadi inovasi yang efektif untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan iklim belajar terhadap kepuasan belajar dalam sistem blended learning pada mahasiswa STIE Pancasetia Banjarmasin. Sampel penelitian menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, sehingga sebanyak 132 mahasiswa angkatan 2019-2021 jurusan manajemen dan akuntansi yang menjadi sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala students Learning satisfaction questionnaire (SLSQ) oleh Topala dan Tomizii (2014) dan the Learning Climate Questionnaire (LCQ) William dan Deci (1996). Metode yang digunakan ialah metode regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peranan iklim belajar terhadap kepuasan belajar dengan pengaruh sebesar 31,0% dan nilai koefisien yang bernilai positif sebesar 0,473. Hal ini berarti semakin tinggi iklim belajar maka semakin tinggi pula kepuasan belajar dalam sistem blended learning mahasiswa STIE Pancasetia Banjarmasin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kog

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Kognisia merupakan jurnal ilmiah yang berfokus pada riset Ilmu Psikologi, khususnya yang berkaitan dalam bidang psikologi kognitif dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif ataupun kualitatif. Jurnal Kognisia juga menerima artikel penelitian di bidang psikologi lain terkait topik ...