Setiap siswa memiliki keinginan untuk meraih prestasi di bangku pendidikan. Pada kenyataanya, tuntutan prestasi di sekolah semakin tinggi, sedangkan daya belajar siswa biasa-biasa saja. Hal ini akan menyebabkan rendahnya pencapaian prestasi pada siswa. Motivasi berprestasi merupakan salah satu faktor yang mendorong individu dalam mencapai suatu keunggulan. Individu yang memiliki motivasi berprestasi dalam pendidikannya akan berusaha keras dalam meraih tujuan yang telah ditetapkan. Penetapan tujuan diperlukan guna mengarahkan usaha yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penetapan tujuan dengan motivasi berprestasi pada siswa SMK Negeri 1 Martapura. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa kelas XI yang berada di SMK Negeri 1 Martapura. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Skala Penetapan Tujuan dan Skala Motivasi Berprestasi. Hasil analisis data menunjukkan nilai korelasi sebesar r = 0,606 dapat diartikan bahwa ada hubungan yang positif dan searah antara penetapan tujuan dengan motivasi berprestasi. Dalam hal ini, semakin tinggi penetapan tujuan maka semakin tinggi motivasi berprestasi pada siswa SMK Negeri 1 Martapura, sedangkan semakin rendah penetapan tujuan maka semakin rendah motivasi berprestasi pada peserta didik SMK Negeri 1 Martapura.
Copyrights © 2018