Flow akademik siswa dapat dipengaruhi berbagai macam hal seperti tingkat intelegensi dan lingkungan tempat belajar siswa. Lingkungan sekolah yang berbeda seperti lahan gambut dan perkotaan bisa saja menyebabkan perbedaan intelegensi terhadap flow akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat interaksi antara lahan gambut dan lingkungan sekolah kota dengan kecerdasan dalam aliran akademik, melihat perbedaan dalam aliran akademik berdasarkan lingkungan sekolah dan melihat perbedaan dalam aliran akademik berdasarkan kecerdasan. Subjek penelitian ini adalah 120 siswa dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala Likert dengan empat opsi respons yang terdiri dari skala aliran akademik dan tes kecerdasan SPM. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANOVA dua arah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor interaksi antara kecerdasan dan aliran akademik memiliki nilai signifikansi 0,107 lebih tinggi dari nilai signifikansi (α = 0,05). Nilai interaksi ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dan interaksi yang signifikan antara kedua variabel dengan aliran akademik sedangkan tingkat signifikansi aliran akademik di semua sekolah 0,045 lebih rendah dari nilai signifikansi (α =0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan akademik aliran berdasarkan sekolah di bidang yang berbeda, dan nilai signifikansi kecerdasan adalah 0,009 lebih rendah dari nilai signifikansi (α = 0,05) yang menunjukkan perbedaan aliran akademik berdasarkan kecerdasan siswa.
Copyrights © 2020