Penelitian ini bertujuan guna mengetahui ada tidaknya hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif. Populasi pada penelitian ini yaitu Mahasiswa/i Program Studi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat berjumlah 170 orang mahasiswa/i. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi meliputi skala kontrol diri dan skala perilaku konsumtif. Hasil uji korelasi product moment dari karl pearson menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif konsumen online shop media sosial pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat. Adapun sumbangan efektif kontrol diriĀ terhadap perilaku konsumtif diketahui sebesar 34,1% dengan demikian 65,9% lainnya merupakan sumbangan faktor diluar kontrol diri seperti harga diri, konformitas, gaya hidup, dan media elektronik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa semakin rendah kontrol diri maka akan semakin tinggi perilaku konsumtif.
Copyrights © 2018