Jurnal Kognisia
Vol 2, No 2 (2019): Oktober

HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DENGAN KESADARAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTSN 2 BANJAR

Aulia, Rizky (Unknown)
Rachmah, Dwi Nur (Unknown)
Yuserina, Firdha (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih banyaknya terdapat peserta didik yang kurang sadar terhadap tanggung jawab mereka disekolah. Dampak paling parah yaitu adanya ketidakhadiran peserta didik sampai putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan kesadaran diri peserta didik kelas IX di MTsN 2 Banjar. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 134 peserta didik kelas IX di sekolah MTsN 2 Banjar. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala iklim sekolah dan skala kesadaran diri. Hasil penelitian menunjukan korelasi 0,603 (p<0,05) artinya ada hubungan signifikan yang kuat dan positif antara iklim sekolah dengan kesadaran diri peserta didik kelas IX di MTsN 2 Banjar, artinya semakin tinggi iklim sekolah maka akan semakin tinggi kesadaran diri, sebaliknya jika semakin rendah iklim sekolah maka akan semakin rendah kesadaran diri. Dari hasil penelitian juga diketahui sumbangan efektif iklim sekolah dengan kesadaran diri adalah sebesar 36,4% sedangkan 63,6% lainnya adalah dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kog

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Kognisia merupakan jurnal ilmiah yang berfokus pada riset Ilmu Psikologi, khususnya yang berkaitan dalam bidang psikologi kognitif dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif ataupun kualitatif. Jurnal Kognisia juga menerima artikel penelitian di bidang psikologi lain terkait topik ...