Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2022)

ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV BERDASARKAN TEORI NEWMAN SISWA KELAS VIII

Yuliana, Agustin Faizah (Unknown)
Arigiyati, Tri Astuti (Unknown)
Ayuningtyas, Annis Deshinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan Teori Newman pada materi SPLDV di kelas VIII SMP PIRI 2 Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Piri 2 Yogyakarta dengan populasi siswa kelas VIII yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 11 siswa, dikarenakan 5 siswa sakit sehingga yang mengikuti tes 6 siswa. Teknik pengumpulan data  menggunakan wawancara dan soal essay.  Dalam penelitian ini tes yang dimaksud adalah sebuah alat untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa kelas dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP PIRI 2 Yogyakarta pada materi SPLDV  mengalami kesalahan berdasarkan teori newman yaitu kesalahan membaca soal sebesar 0%, kesalahan memahami soal sebesar 5,55%, kesalahan mentransformasikan soal sebesar 100 %, kesalahan dalam ketrampilan proses sebesar 61,11%, kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir sebesar 88,88% dan jenis kesalahan yang paling dominan yaitu kesalahan dalam mentransformasikan soal sebesar 100%. AbstractThis study aims to analyze students' mistakes in solving word problems based on Newman's Theory on SPLDV material in class VIII SMP PIRI 2 Yogyakarta in the 2021/2022 academic year. This type of research is a qualitative research with a descriptive approach. The research was conducted at Piri 2 Yogyakarta Middle School with a class VIII student population consisting of 1 class with a total of 11 students, because 5 students were sick so 6 students took the test. Data collection techniques using interviews and essay questions. In this study, the test in question was a tool to find out what mistakes students made in solving word problems on SPLDV material. The results showed that students of class VIII SMP PIRI 2 Yogyakarta on SPLDV material experienced errors based on Newman's theory, namely errors in reading questions of 0%, errors in understanding questions of 5.55%, errors in transforming questions of 100%, errors in processing skills of 61, 11%, the error in writing the final answer was 88.88% and the most dominant type of error was the error in transforming the questions by 100%.   

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

REF

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang fokus pada publikasi artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitian dan pendidikan interdisipliner yang dipresentasikan pada pengolahan dan analisis data sebagai contoh penerapan spesifik suatu model penelitian. Refleksi: Jurnal Riset dan ...