cover
Contact Name
Davi Apriandi
Contact Email
davi.mathedu@unipma.ac.id
Phone
085235210781
Journal Mail Official
refleksi@unipma.ac.id
Editorial Address
LPPM Universitas PGRI Madiun Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 29628822     DOI : -
Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang fokus pada publikasi artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitian dan pendidikan interdisipliner yang dipresentasikan pada pengolahan dan analisis data sebagai contoh penerapan spesifik suatu model penelitian. Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan menerima artikel-artikel dari penelitian dalam ruang lingkup antara pendidikan lain, IPTEK, sosial, politik, ekonomi, budaya, agama dan atau hubungan antara pendidikan dengan aspek-aspek IPTEK, sosial, politik, ekonomi, budaya, dan agama.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 30 Documents
PELUANG DAN TANTANGAN DALAM PENELITIAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR KOMPUTER AKUNTANSI Yusdita, Elana Era; Astuti, Elly; Panjawiyati, Tika; Anggarini, Alifia Ganeshi; Dilaines, Linanda Elsa
Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/refleksi.v1i1.13899

Abstract

AbstrakKomputer akuntansi menjadi subjek penting dalam pembelajaran untuk menghadapi revolusi industri 4.0. dan era society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan tantangan dalam pengembangan buku ajar komputer akuntansi. Metode yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan riset pustaka dan observasi toko buku daring. Hasil yang diperoleh adalah accurate online merupakan produk baru dalam dunia akuntansi serta memiliki banyak kelebihan. Buku ajar yang memfasilitasi kepentingan pengajar dan murid/mahasiswa sekaligus belum banyak tersedia di toko buku, Peluang yang teridentifikasi adalah adanya program sertifikasi komputer dari accurate yang membutuhkan pemahaman siswa. Buku yang menjelaskan teknis, prinsip, dan aturan terkait sekaligus belum ada. Tantangannya adalah akses edukasi accurate harus melalui perjanjian kerjasama berbayar. Tindak lanjut dari analisis ini adalah melakukan pengembangan buku ajar accurate online untuk perusahaan jasa dan dagang dengan pendekatan saintifik.AbstractAccounting computers are essential in learning to face the industrial revolution 4.0. and the era of society 5.0. This study analyzes the opportunities and challenges in developing accounting computer textbooks. The method is qualitative research with library research and online and offline bookstore observations. The results obtained are accurate online is a new product in the world of accounting and has many advantages. Textbooks that facilitate the interests of teachers and students/students at the same time are not widely available in bookstores. The identified opportunity is the existence of a computer certification program from Accurate, which requires students' understanding. There are no books that explain the technical principles and related rules simultaneously. The challenge is that access to proper education must go through a paid cooperation agreement. The follow-up to this analysis is to develop accurate online textbooks for service and trading companies with a scientific approach.
KONSTRUKSI MATERI DAN PRAKSIS PEMBELAJARAN SEJARAH KONTROVERSIAL G-30-S/PKI ERA POST TRUTH Hartono, Yudi; Huda, Khoirul; Arseat, Rani Lily
Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/refleksi.v1i1.13970

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengungkap kontruksi materi, praksis pembelajaran, dan reproduksi pengetahuan sejarah kontroversial G-30-S/PKI, serta pertautan dengan konteks di luarnya, yaitu situasi masyarakat Indonesia pasca Reformasi dan fenomena era post truth. Metode penelitian kualitatif ekslporatif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data divalidasi dengan triangulasi sumber. Analisis data dengan analisis wacana kritis dari Fairclough. Hasil penelitian menemukan bahwa konstruksi materi G-30-S/PKI merepresentasikan situasi masyarakat Indonesia pasca Reformasi yang ditandai dengan dimasukannya berbagai versi serta digunakannya istilah G 30 S dan G-30-S/PKI sekaligus, namun dalam praksis pembelajaran dan reproduksi pengetahuan di masyarakat masih didominasi satu versi yang ditandai dengan penggunaan media film G-30-S/PKI dan sumber pengetahuan lain dalam versi yang sama. Terdapat pertautan antara wacana (teks/materi), praksis pembelajaran, dan reproduksi pengetahuan sejarah kontroversial Gerakan 30 September 1965 dengan konteks masyarakat Indonesia pasca Reformasi yang secara umum masih menyimpan memori traumatik tentang komunisme, faktor kebijakan pemerintah terhadap pendidikan sejarah, serta fenomena era post truth. Abstract This study aims to reveal the construction of materials, learning praxis, and reproduction of the controversial historical knowledge of the G-30-S/PKI, as well as the relationship with the context outside, namely the situation of post-Reformation Indonesian society and the phenomenon of the post-truth era. Explorative qualitative research method. Collecting data by interview, observation, and study documentation. Data were validated by triangulation of sources. Data analysis with critical discourse analysis from Fairclough. The results of the study found that the material construction of the G-30-S/PKI represented the situation of Indonesian society after the Reformation, which was marked by the inclusion of various versions and the use of the terms G 30S and G-30-S/PKI at once, but in the practice of learning and reproducing knowledge in society. still dominated by one version which is marked by the use of the G-30-S/PKI film media and other sources of knowledge in the same version. There is a link between discourse (text/material), learning praxis, and reproduction of controversial historical knowledge of the 30 September 1965 Movement with the context of post-Reformation Indonesian society, which in general still retains traumatic memories of communism, government policy factors for historical education, and the phenomenon of the post-truth era. .
ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG (STUDI PADA PAKUWON TRADE CENTER/PTC DI SURABAYA) Wijayanti, Tri Cicik
Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/refleksi.v1i1.14463

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di PTC (Pakuwon Trade Center) Surabaya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengunjung Pakuwon Trade Center Surabaya. Sampel diambil secara accidental sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda.  Hasil  analisis menunjukkan  bahwa harga, promosi dan distribusi, baik   secara  parsial   maupun   secara   simultan  berpengaruh signifikan  terhadap  keputusan pembelian smartphone Samsung di PTC (Pakuwon Trade Center) Surabaya.                                                          AbstractThe purpose of this research  is to determine and to analysis the effect of price, promotion and distribution on purchase decision of smartphone Samsung in PTC (Pakuwon Trade Center ) Surabaya. The population of this research are all visiter in  Pakuwon Trade Center  Surabaya.The sample of this research used the accidental sampling. Analysis method of this research is multiple linear regression model, the results of analysis showed that price, promotion and distribution  influence significantly on  the  purchase  decision effect simultan and partial of smartphone Samsung in PTC (Pakuwon Trade Center ) Surabaya. 
PENGARUH METODE PETA KONSEP DAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD BAYEMTAMAN KECAMATAN KARTOHARJO KABUPATEN MAGETAN Gusanti, Ardhita; Irawati, Lulus; Soleh, Dwi Rohman
Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/refleksi.v1i1.14464

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk  mengetahui ada tidaknya interaksi pengaruh  metode peta konsep dan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Bayemtaman Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian diskriftif kuantitatif eksperimen. Dalam penelitian penelitian eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi  yang  terkendali. Digunakan pendekatan ini karena penelitian ini akan mengkaji rangkaian penelitian dan akan menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang berkaitan  dengan: ada tidaknya interaksi pengaruh  metode peta konsep dan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Bayemtaman Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut: Dalam uji F atau one way anaova ternayata ada pengaruh metode peta konsep dan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks deskripsi, hal ini dikarenakan perolehan nilai Fhit diperoleh sebesar 4,086, dengan sig 0,014, sedangkan Ftab dengan taraf kepercayaan 95 % dengan Df = 3 dan 36 diperoleh nilai 2,87, hal ini berarti Fhit ≥ Ftab. (4,086 ≥ 2,87) atau sighit ≤ sigprob (0,014 ≤ 0,05). Oleh karena Fhit ≥  Ftab (4,086≥  2,87) atau sighit ≤ sigprob (0,014 ≤ 0,05). Interaksi pengaruh  metode peta konsep dan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks deskripsi adalah sebagai berikut: Ada Perbedaan (1)  Kemampuan menulis teks deskripsi tanpa peta konsep dan tanpa audio visual siswa kelas IV SD Bayemtaman   Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan, terdapat perbedaan yang signifikan; (2) Kemampuan menulis teks deskripsi tanpa peta konsep dan dengan media audio visual siswa kelas IV SD Bayemtaman   Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan, ada perbedaan yang signifikan. Abstract This study aims to determine whether or not there is an interaction effect of the concept map method and audio-visual media on the ability to write description texts for fourth grade students of SD Bayemtaman, Kartoharjo District, Magetan Regency. The approach used is descriptive quantitative experimental research. Experimental research is a research method used to find the effect of certain treatments on others under controlled conditions. This approach is used because this study will examine a series of studies and will answer questions in the formulation of problems related to: whether or not there is an interaction effect of the concept map method and audio-visual media on the ability to write descriptive texts for fourth grade students of SD Bayemtaman, Kartoharjo District, Magetan Regency. The results of the study can be stated as follows:In the F test or one way analysis, it turns out that there is an influence of the concept map method and audio visual media on the ability to write description texts, this is because the Fhit value obtained is 4.086, with a sig of 0.014, while Ftab with a 95% confidence level with Df = 3 and 36 obtained a value of 2.87, this means Fhit Ftab. (4.086  ≥ 2.87) or sighit ≤ sigprob (0.014 ≤ 0.05). Therefore Fhit Ftab (4.086 ≥ 2.87) or sighit sigprob (0.014≤ 0.05). The interaction of the influence of the concept map method and audio visual media on the ability to write descriptive text is as follows: There are differences (1) The ability to write description texts without concept maps and without audio visuals for fourth grade students of SD Bayemtaman, Kartoharjo District, Magetan Regency, there is a significant difference; (2) The ability to write descriptive text without a concept map and with audio-visual media for fourth grade students of SD Bayemtaman, Kartoharjo District, Magetan Regency, there is a significant difference.
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI CEPOKO KECAMATAN PANEKAN KABUPATEN MAGETAN Fidiasri, Fidyah; Cahyono, Bambang Eko Hari; Soleh, Dwi Rohman
Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/refleksi.v1i1.14465

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran model PBL (Problem Bassed Learning) pada siswa kelas VI SDN Cepoko Panekan Magetan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang berkaitan dengan permasalahan yang muncul pada penerapan pembelajaran model PBL : (1) Penggunaan model pembelajaran PBL, terdapat kendala yaitu: (a) Kemampuan guru dalam memahami dan menerapkan model tersebut dalam  pembelajaran; b) Ketidaksesuaian pemilihan model dengan karakteristik materi; (c) siswa kurang aktif dalam merespons diskusi, (d) siswa kekurangan ide, (e) siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat. Di samping hal itu kendala model pembelajaran PBL yaitu: (1) Guru belum terbiasa mengelola kelas dengan menerapkan model pembelajaran PBL; (2) Siswa belum terbiasa belajar dengan berkelompok; (3) Siswa belum terbiasa terlibat aktif dalam pembelajaran; (2) Hasil test belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, siswa yang belum tuntas dalam belajarnya sebanyak 2 siswa atau 11,11% (perolehan nilai < KKM), sedangkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 16 orang atau 88,89% (perolehan nilai > KKM).  AbstractThis study aims to explain and describe the implementation of the PBL (Problem Based Learning) learning model in class VI students at SDN Cepoko Panekan Magetan. The approach used is quantitative descriptive research. The results of research related to the problems that arise in the application of the PBL learning model: (1) The use of the PBL learning model, there are obstacles, namely: (a) The teacher's ability to understand and apply this model in learning; b) Incompatibility of model selection with material characteristics; (c) students are less active in responding to discussions, (d) students lack ideas, (e) students lack confidence in expressing opinions. In addition to this, the obstacles to the PBL learning model are: (1) Teachers are not used to managing classes by applying the PBL learning model; (2) Students are not used to learning in groups; (3) Students are not used to being actively involved in learning; (2) The results of student learning tests in the implementation of Indonesian language learning, students who have not completed their learning are 2 students or 11.11% (acquired scores <KKM), while students who complete learning are 16 people or 88.89% (acquired scores > KKM).  
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF PADA SISWA KELAS 6 SDN 2 TEMON KECAMATAN SAWOO KABUPATEN PONOROGO Maryani, Sri; Parji, Parji; Soleh, Dwi Rohman
Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/refleksi.v1i1.14466

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif melalui penerapan model problem discovery learning berbantuan multimedia video pada siswa kelas VI di SDN 2 Temon Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Di mana setiap siklus terdiri dari tahap penelitian, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SDN 2 Temon Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo yang berjumlah 18 siswa pada semester I tahun pelajaran 2021/2022, dan objek penelitiannya adalah kemampuan membaca intensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca intensif melalui penerapan model discovery learning berbantuan multimedia video dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas VI di SDN 2 Temon Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Hal ini terbukti dari hasil observasi dan analisis data pada setiap siklusnya. Peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I sebesar 71,88% meningkat menjadi 81,25% di siklus II.  Meningkatnya persentase ketuntasan belajar klasikal kemampuan membaca intensif pada siklus I sebesar 72,22% meningkat disiklus II sebesar 83,33%. Serta meningkatnya respon siswa pada siklus I sebesar 72,22% meningkat di siklus II sebesar 88,89%. AbstractThis study aims to improve intensive reading skills through the application of a multimedia video-assisted problem discovery learning model for sixth grade students at SDN 2 Temon, Sawoo District, Ponorogo Regency. This research was carried out in two learning cycles. Where each cycle consists of the stages of research, planning, implementation, observation, and reflection. The subjects in this study were class VI students at SDN 2 Temon, Sawoo District, Ponorogo Regency, a total of 18 students in semester I of the 2021/2022 academic year, and the object of the research was intensive reading skills. The results showed that learning Indonesian especially intensive reading through the application of a video-assisted discovery learning model could improve the intensive reading skills of class VI students at SDN 2 Temon, Sawoo District, Ponorogo Regency. This is evident from the results of observation and data analysis in each cycle. The increase in student activity in cycle I learning was 71.88%, increasing to 81.25% in cycle II. The increase in the percentage of completeness in classical learning for intensive reading in cycle I was 72.22%, an increase in cycle II was 83.33%. As well as an increase in student responses in the first cycle of 72.22%, an increase in the second cycle of 88.89%. 
LITERATURE REVIEW:IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER Yusuf, Farid Bashirudin; Wibowo, Setiawan Edi
Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/refleksi.v1i2.15043

Abstract

Tujuan dilakukannya literature review ini untuk mengkaji pengaruh penerapan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai penguatan karakter pada peserta didik. Literature review ini penelitian memfokuskan pada analisis peran Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai penguatan karakter. Penelitian ini menggunakan metode literature review yang dilakukan terhadap penelitian terdahulu untuk mendapatkan data, gambaran, dan informasi sejauh mana program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar yang dimiliki ole peserta didik. Berdasarkan penelitian relevan yang telah dilakukan terkait pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam menumbuhkan, mengembangkan dan menguatkan karakter yang dimiliki oleh peserta didik menunjukkan hasil bahwa kegiatan tersebut dapat memberikan dampak yang cukup signifikan. Sehingga Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ini dinilai mampu untuk memberikan dampak dan pengaruh untuk membentuk masyarakat yang literat belajar sepanjang hayat.
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV BERDASARKAN TEORI NEWMAN SISWA KELAS VIII Yuliana, Agustin Faizah; Arigiyati, Tri Astuti; Ayuningtyas, Annis Deshinta
Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/refleksi.v1i1.15365

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan Teori Newman pada materi SPLDV di kelas VIII SMP PIRI 2 Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Piri 2 Yogyakarta dengan populasi siswa kelas VIII yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 11 siswa, dikarenakan 5 siswa sakit sehingga yang mengikuti tes 6 siswa. Teknik pengumpulan data  menggunakan wawancara dan soal essay.  Dalam penelitian ini tes yang dimaksud adalah sebuah alat untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa kelas dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP PIRI 2 Yogyakarta pada materi SPLDV  mengalami kesalahan berdasarkan teori newman yaitu kesalahan membaca soal sebesar 0%, kesalahan memahami soal sebesar 5,55%, kesalahan mentransformasikan soal sebesar 100 %, kesalahan dalam ketrampilan proses sebesar 61,11%, kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir sebesar 88,88% dan jenis kesalahan yang paling dominan yaitu kesalahan dalam mentransformasikan soal sebesar 100%. AbstractThis study aims to analyze students' mistakes in solving word problems based on Newman's Theory on SPLDV material in class VIII SMP PIRI 2 Yogyakarta in the 2021/2022 academic year. This type of research is a qualitative research with a descriptive approach. The research was conducted at Piri 2 Yogyakarta Middle School with a class VIII student population consisting of 1 class with a total of 11 students, because 5 students were sick so 6 students took the test. Data collection techniques using interviews and essay questions. In this study, the test in question was a tool to find out what mistakes students made in solving word problems on SPLDV material. The results showed that students of class VIII SMP PIRI 2 Yogyakarta on SPLDV material experienced errors based on Newman's theory, namely errors in reading questions of 0%, errors in understanding questions of 5.55%, errors in transforming questions of 100%, errors in processing skills of 61, 11%, the error in writing the final answer was 88.88% and the most dominant type of error was the error in transforming the questions by 100%.   
OPTIMALISASI LAYANAN KLASIKAL BIMBINGAN KONSELING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG STUDI LANJUT Nuryadin, Cece Agus; Ruhiat, Yayat; Hidayati, Sholeh
Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/refleksi.v1i2.16824

Abstract

Penggunaan media audio visual dalam pemberian layanan bimbingan klasikal di kelas sangatlah penting terutama dalam meningkatkan antusias siswa dalam memahami materi layanan. Tujuan penelitian ini yaitu optimalisasi layanan klasikal bimbingan dan konseling dengan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang studi lanjutan di SMA Negeri 3 Cilegon tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan hasil yang diperoleh pada siklus ke-1 yaitu sebanyak 51.42 % siswa yang mengetahui studi lanjutan, namun pada siklus ke-2 yaitu 100 % siswa mengetahui studi lanjutan. Perolehan hasil dari setiap siklus, baik pada siklus ke-1 dan siklus ke-2 memperlihatkan bahwa pengetahuan siswa tentang studi lanjutan meningkat setelah diberi layanan klasikal dengan menggunakan media audio visual. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa layanan format klasikal dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang studi lanjutan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka konselor hendaknya mampu menerapkan strategi layanan yang sesuai dalam memberikan layanan bimbingan konseling berdasarkan kebutuhan dan kondisi siswa.
PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Muliana, Tasya Dian; Chasanatun, Fida; Kartikasari HS, Apri
Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/refleksi.v1i2.17175

Abstract

Siswa kesulitan belajar matematika karena konsep materi pembelajaran Matematika belum bisa dipahami murid. Tujuan dilakukan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghitung materi operasi hitung pecahan (penjumlahan berpenyebut berbeda) dapat meningkat atau tidak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Prosedur penelitiannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Taman dengan subjek penelitian siswa kelas V C berjumlah 7 siswa yang memiliki kemampuan menghitung rendah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran realistic mathematics education dapat membantu meningkatkan kemampuan menghitung siswa. Hal tersebut dibuktikan dari meningkatkan kemampuan menghitung siswa dari kondisi pra siklus yang hanya menunjukkan bahwa 71% siswa memiliki kemampuan menghitung, kemudian pada siklus I menunjukkan 81%, dan pada siklus II menunjukkan bahwa 87% siswa memiliki kemampuan menghitung

Page 1 of 3 | Total Record : 30