Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2023): Edisi April

Problematika Pembelajaran QH Problematika Siswa SMP Al-Washliyah Gunting Saga Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadis: Studi kasus siswa SMP Al-Washliyah Gunting Saga

Saidatun, Saidatun (Unknown)
Putri, Salsabila (Unknown)
Nadira, Sara (Unknown)
Muna, Sarifah Fauzul (Unknown)
Rahim, Rahim (Unknown)
Hamdani, Rama (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2023

Abstract

Pada pertengahan tahun 2022 jumlah penduduk Indonesia mencapai 275,77 juta jiwa. Menurut jurnal The Royal Islamic Strategic Studies Center (RISSC) atau Mabda bertajuk The Muslim 500 edisi 2022, jumlah penduduk Indonesia yang beragama Islam mencapai 231,06 juta jiwa. Jumlah tersebut setara dengan 86,7% dari total penduduk Indonesia. Maka dari itu sudah sangat lazim apabila banyak di jumpai sekolah yang berbasis Ialam, terutama dengan menambahkan mata pelajaran Al-Quran dan Hadist dalam kurikulum pendidikan di sekolah swasta islami. Namun, hal ini tidak dibersamai dengan minat belajar siswa dalam mempelajari Al-Quran dan Hadist. Hal ini juga ditemui di SMP Al-Wasliyah Gunting Saga. Dalam penelitian ini, penulis bertjuan untuk mengetahui problematika (kendala-kendala) yang dialami siswa SMP Al-Washliyah Gunting Saga dalam pembelajaran Al-Quran Hadist dan memaparkan beberapa solusi yang mungkin dapat mengatasi problematika siswa SMP Al-Washliyah Gunting Saga dalam pembelajaran Al-Quran Hadist. Dalam penelitian menunjukkan bahwa problematika yang ada di SMP Al-Washliyah Gunting Saga diantaranya adalah masih banyaknya siswa yang kurang mampu membaca Al-Quran dan Bahasa Arab, bahkan hampir 50% dari 40 orang siswa tidak mampu membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah tajwid, dan makharijul huruf yang baik. Hal ini disebabkan karena latar belakang lulusan siswa yang heterogen. Disamping itu, kurangnya partisipasi orang tua yang seharusnya ikut andil dalam proses pembelajaran siswa, serta faktor lingkungan tempat tinggal siswa yang tidak bernilaikan agama islam. Solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Quran Hadist di SMP Al-Washliyah Gunting Saga diantaranya adalah dengan memberikan kebijakan dengan cara menambuat ekstrakurikuler khusus untuk belajar tahsin AlQuran dan Bahasa Arab yang diwajibkan untuk diikuti oleh seluruh siswa, guna untuk mendorong kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran dan Bahasa Arab dengan baik dan benar. Disertai dengan pihak sekolah meningkatkan perangkat/sarana dan prasarana pembelajaran.Kata Kunci: Problematika, Siswa, Pembelajaran Al-Quran dan Hadist

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jgt

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Generasi Tarbiyah adalah jurnal yang diterbitkan dan dikelola oleh Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat INSTITUT SYEKH ABDUL HALIM HASAN BINJAI. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian dari seluruh civitas akademika tentang ...