Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam
Jurnal Generasi Tarbiyah adalah jurnal yang diterbitkan dan dikelola oleh Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat INSTITUT SYEKH ABDUL HALIM HASAN BINJAI. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam inovasi dan solusi-solusi dalam berbagai masalah dalam bidang penelitian mencakup pendidikan islam. Artikel yang dimuat dalam Jurnal Generasi Tarbiyah meliputi hasil-hasil penelitian yang memiliki relevansi dengan: 1. Pendidikan Islam 2. Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3. Bimbingan dan Konseling 4. Perkembangan Anak 5. Psikologi Perkembangan Anak 6. Media dan Sumber Belajar
Articles
68 Documents
PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU REMAJA DI LINGKUNGAN VIII SIDO SELAMAT KELURAHAN PEKAN KUALA KABUPATEN LANGKAT
Eka, Rahayu;
Hemawati, Hemawati;
Satriyadi , Satriyadi
Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi April
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Technology has led humans to create new forms of interacting and socializing, one of which is communication technology in the form of social media or new media. This research is a correlational study, because this study aims to find out whether or not there is a relationship between one variable and another. The population in this study were aged 16-21 years in the VIII Sido Selamat neighborhood, Pekan Kuala Village, Kab. Langkat which opens 20 people. The data collection techniques used were Observation, Interview and Questionnaire for closed questions. The results of this study indicate that the Instagram social media users used by teenagers in Environment VIII Sido Selamat, Kel. Kuala Pekan, Kab. Langkat is good with a percentage of 80% with good adolescent behavior with a percentage of 81%. Get the Keyword that the use of social media Instagram among teenagers in the VIII Sido Selamat Environment, Ex. Kuala Pekan, Kab. Langkat and behavior of adolescents in the use of Instagram belong to the category of good users.
SHAHIFAH MADINAH DALAM KAJIAN HADIS
Hemawati, Hemawati;
Budi, Abdullah;
Dian, Anggraini
Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi April
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The Sahifah of Medina is a text of an agreement that was drawn up by the Prophet Muhammad with the people of Medina which took place around the first year of Hijriyah, but there are also those who say that the event occurred in the 2nd century Hijri on the grounds that it was in the first year of the Hijriyah of the Prophet Muhammad. just moved in and need to prepare everything including the place to live. Regarding the validity of the sahifah madinah text which is still doubted by some experts, because everything said, done and approved by the prophet is recognized as a hadith, of course the madinah shahifah is considered a hadith. Regarding the uncertainty of the occurrence of the agreement and regarding the existence of the manuscript, this is the basis and reason for conducting this research, so it is necessary to study the hadith to find out its existence. The purpose of this study was to determine the validity of the sahifah madinah manuscript in the hadith. The approach is taken using a library approach by conducting a search on the hadith about the sahifah madinah text in the books of hadith. The results showed that: not found in the books of hadith, and the scholars recognized the Sahifah of Medina and as an agreement to live together in Medina.
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM HADIS RIWAYAT BUKHARI (SETIAP ANAK DILAHIRKAN DALAM KEADAAN FITRAH)
Satriyadi, Satriyadi;
Hemawati, Hemawati;
Rendika , Parinduri
Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi April
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Dalam Hadis disebutkan bahwa Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan suci. Hadis tersebut jelas menyebutkan bahwa setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah, polos bagai kain kanvas putih yang akan dapat dengan mudah dicoreti tinta warna apapun dan dengan bentuk gambar bagaimanapun sehingga orang tua akan dapat dengan mudah melukiskan dengan corak, warna dan model yang sesuai dengan kehendaknya. Dalam hal ini seakan Rasulullah memberikan otoritas penuh kepada orang tua tanpa adanya campur tangan dari pihak lain sampai Rasulullah mengungkapkan bahwa anak (dari orang muslim) tergantung atas orang tuanya yang mau membentuknya sebagai generasi Yahudi, Nasrani ataupun Majusi. Begitu besar tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak sejak dini agar kelak besar nanti anak. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah terdapat konsep pendidikan usia dini dalam hadis riwayat Bukhari tentang setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah dan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam hadis Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dalam menyusun dan menganalisa data dan hanya menggunakan bahan bacaan atau biasa disebut dengan penelitian pustaka (library research). Berdasarkan hasil analisis penelitian diatas, maka disini dapat penulis simpulkan hasil penelitian ini, yaitu: 1) Terdapat konsep pendidikan anak usia dini dalam hadis riwayat Bukhari tentang setiap anak yang dilahirkan dalam keadaan fitrah. Konsep yang ada dalam hadis tersebut tentang perlunya peranan dan tanggungjawab orangtua dalam memberikan dan mengembangkan fitrah anak yang dibawanya sejak lahir. Karena Orangtua merupakan pendidik pertama dan utama bagi seorang anak. Lingkungan keluarga menjadi tempat pendidikan anak yang pertama, sehingga orangtua memiliki peranan yang utama dalam membesarkan dan mengembangkan fitrah keimanan seorang anak. 2) Nilai-nilai pendidikan anak usia dini dalam hadis tersebut tentang keimanan yang sudah ada sejak lahir yaitu Islam. Untuk itu sebagai orangtua memiliki pengaruh yang sangat besar dalam membentuk dan mengembangkan keimanan seorag anak. Sehingga apabila seorang anak menjadi Majusi, Nasrani ataupun Yahudi, maka orangtuanyalah yang menjadikanya seperti itu. Oleh sebab itu, tanggungjawab orangtualah terhadap pendidikan tentang keIslaman yang dimiliki seorang anak.
KELEKATAN (ATTACHMENT) ORANG TUA DALAM STIMULASI KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI
Ayunda, Zahroh;
Aulia , Annisa
Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi April
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The quality of the relationship between children and parents is an important factor in the development of children. The role of the family does not only concern the fulfillment of all biological needs, but also psychological and sociological needs in the form of establishing a safe attachment between children and their parents. To realize this, the family rule system is expected to continue to encourage and color the behavior of children towards independence. The research and/or writing method used is literature review. The main references used are books, laws and regulations, seminar papers, printed and online editions of scientific journals, research results and scientific articles. The data analysis technique is descriptive argumentative. The results of the analysis show that high parental attachment to children is indicated by trust, being able to help, accepting children as they are, giving proper love and care to children. High quality can make individuals see themselves as worthy of love and view individuals in their social environment as reliable and able to think positively in living life so that independent behavior will appear in children.
KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR PENYEBABNYA PADA SISWA SMP SABILAL AKHYAR KWALA GUMIT
Nurhasanah, Nurhasanah;
Satriyadi, Satriyadi
Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi April
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Learning difficulties are a condition of students facing certain obstacles in taking the educational process and achieving maximum learning outcomes. This study aims to determine the learning difficulties faced by students and to find out the causes of students experiencing difficulties in learning. The method used in this research is a survey method, where we give several questionnaires or questions to students about learning difficulties. The sample in this study was 100 students at SMP Sabilal Akhyar Kwala Gumit. The results showed that the students' learning difficulties were communal or collective difficulties felt by some students
The analysis of students error in using simple present tense in writing descriptive text at the eight grade students of mtsn2 deli serdang
rafa, maharani
Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59342/jgt.v1i2.71
This research aims to describe the students’ error in using simple present tense writing descriptive text text. This research uses quantitative research descriptive methods. The research subject are VIII- 5 students of MTSN 2 DELI SERDANG who had error when writing descriptive text using simple present tense, the data of the research are there the result of the students’ worksheet an the students’ answer in interview This research use documentation interview to collect the data. Data reduction, data display an drawing conclusion was used to analyze the data. The result of this research shows that the students of VIII-5 MTSN 2 DELI SERDANG have error in using simple present tense in writing descriptive text, They get difficulty to put the word when they make a text, make error in grammar, especially in using simple present tense in wrting descriptive text . Not only make the mistake in using simple present tense in descriptive text but also the students lowest ability in using simple present tense especially in using subjects verb agreement , adverb an usage. Students did not unestand why some sentence used auxiliaries do and does.Keywords: Descriptive text, Writing students, Present tense
KEJENUHAN BELAJAR ( DAMPAK DAN PENCEGAHAN): KEJENUHAN BELAJAR
Rizki Ananda Syafitri;
say azmi, Say Azmi;
Salsabila Putri Lubis
Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59342/jgt.v1i2.95
Kejenuhan belajar adalah suatu sindrom dimana seseorang mengalami kelelahan dan kebosanan yang ekstrim, yang membuat mereka merasa tidak bersemangat dalam melakukan kegiatan belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif menandakan bahwa peneliti berusaha menggambarkan suatu fenomena atau peristiwa. Tujuan artikel ini adalah untuk membahas kejenuhan belajar, termasuk efeknya, cara pencegahannya, dan strategi untuk melakukannya. Menurut temuan studi tersebut, pembelajaran yang monoton biasanya disebabkan oleh proses pembelajaran yang panjang dan membosankan. Lingkungan belajar yang baru dan tujuan serta motivasi untuk menginspirasi siswa untuk bekerja lebih dari sebelumnya adalah dua cara untuk mengatasi kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar adalah suatu sindrom dimana seseorang mengalami kelelahan dan kebosanan yang ekstrim, yang membuat mereka merasa tidak bersemangat dalam melakukan kegiatan belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif menandakan bahwa peneliti berusaha menggambarkan suatu fenomena atau peristiwa. Tujuan artikel ini adalah untuk membahas kejenuhan belajar, termasuk efeknya, cara pencegahannya, dan strategi untuk melakukannya. Menurut temuan studi tersebut, pembelajaran yang monoton biasanya disebabkan oleh proses pembelajaran yang panjang dan membosankan. Lingkungan belajar yang baru dan tujuan serta motivasi untuk menginspirasi siswa untuk bekerja lebih dari sebelumnya adalah dua cara untuk mengatasi kejenuhan belajar.
Strategi Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak di RA Hj Zahara
Nadila Barus
Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59342/jgt.v1i2.96
Abstrak Bahasa merupakan hal Utama dalam berkomunikasi lisan ataupun tertulis.strategi guru dalam mengembangkan keterampilan bahasa anak usia dini merupakan metode dalam menumbuhkembangkan keterampilan bahasa anak atau membantu keterlambatan keterampilan bahasa pada anak ada berapa keterampilan bahasa pada anak yaitu secara repsetif (menyimak dengan membaca) , dan produktif (menulis dengan berbicara).guru harus punya strategi dalam menstimulasi bahasa anak supaya perkembangan bahasa anak dapat dioptimalkan.anak usia dini hakekat nya adalah bermain,jadi Strategi guru yang dapat dilakukan dalam mengembangkan Bahasa pada anak salah satu nya dengan cara bermain,dalam penelitian ini Strategi guru di RA Hj Zahara dalam mengembangkan bahasa anak yaitu dengan menyanyikan lagu anak bersama-sama,dikte, bercakap-cakap antara anak dengan guru,dan bermain dengan alat permainan edukatif seperti permainan kartu kartu kata,permainan bertukar nama, dan permainan lain nya untuk membantu mengembangkan bahasa anak.