Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen
Vol 1 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH RISET APLIKASI MANAJEMEN

PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PEOPLE, DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG JASA TRAINING PADA PT SINERGI BUSINESS SOLUTION DI KOTA MALANG

Abadi, Ridwan (Unknown)
Agustina, Tin (Unknown)
Kusdyah, Ike (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Pembelian secara berulang salah satu perilaku pasca pembelian sebelumnya berdasarkan kepuasan. Berbagai cara dilakukan perusahaan untuk meningkatkan daya beli kembali konsumen atas pelayanan yang diberikan. Diantaranya adalah upaya peningkatan kualitas layanan Untuk mendukung kualitas layanan, perusahaan juga perlu fokus pada sumber daya manusia yang ada. Perhatian perusahaan kepada konsumen dikelola dalam bentuk customer relationship management (CRM). Pengolahan data secara komputerisasi menggunakan perangkat lunak pengolah data statistik yaitu Statistical Product and Service Solution (SPSS). Teknik pengambilan sampel dengan probabilistik sampling. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dan penentuan besar sampel diberikan dengan rumus Slovin sebanyak 153 responden. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, pengujian hipotesis klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan kualitas layanan, people, customer relationship management (CRM) terhadap keputusan pembelian ulang. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Setiap orang memiliki pengaruh yang agak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. CRM memiliki pengaruh yang agak positif dan signifikan terhadap keputusan akuisisi. Hal-hal yang perlu ditingkatkan dengan sinergi solusi bisnis antara lain penambahan fasilitas pelatihan, peningkatan keterampilan dan pengetahuan fakultas, serta penerapan komunikasi interpersonal yang positif yang lebih ekstrim sebagai bentuk pemeliharaan layanan pelatihan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jiram

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen (Jiram) diterbitkan oleh Program Pascasarjana, program studi Magister Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang. Jiram memberikan wadah bagi mahasiswa dan dosen untuk mengeksplorasi permasalahan dan melakukan refleksi terhadap penelitian kuantitatif. ...