Klinik Hewan dan Petshop merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan akibat dari semakin banyaknya pemilik hewan yang memelihara hewan peliharaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan trust terhadap kepuasan komunitas pemilik hewan pada Klinik Hewan Pioneras di Wonogiri. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pelanggan komunitas pemilik hewan yang terhitung dari tiga bulan terakhir berjumlah 893 orang pemilik hewan di Wonogiri yang sudah berkunjung dan menggunakan jasa pelayanan medis ke Klinik Hewan Pioneras. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Non-Probability Sampling, dengan teknik pengambilan sampelnya yaitu Accidental Sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner dan penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, yang kemudian didapatkan 90 responden dan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda, uji instrumen, dan uji asumsi klasik yang menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian didapatkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan trust tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, yaitu Komunitas Pemilik Hewan di Wonogiri.
Copyrights © 2023