(Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir)
Vol. 9 No. 2 (2024): Al-Qorni Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI ICEBREAKING PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS

Ardiansyah, rian (Unknown)
Ahmad Halid (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini berdasarkan rendahnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran al-Quran Hadist menggunakan Icebreaking Kelas III MI Raudlatul Ulum Suci 03. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Teknik penelitian yang digunakan yaitu Wawancara, observasi,dan dokumentasi dengan subyek penelitian seluruh peserta didik kelas III MI Raudlatul Ulum Suci 03. Analisis data yang dilakukan yaitu secara kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian yang dilakukan mengalami peningkatan minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Data yang deperoleh yakni nilai pada tahap prasiklus yaitu 65dengan persentase ketuntasan belajar 45%nilai tersebut diperoleh dari ulangan harian siswa pada pokok bahasan sebelum penelitian dilaksanakan. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar mencapai 77,5dengan persentase ketuntasan 75 % dari jumlah 20 siswa, 15 siswa dinyatakan tuntas dan 5 siswa dinyatakan tidak tuntas. Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 83,25 dengan persentase ketuntasan 85% darijumlah 20 siswa17 siswa dinyatakan tuntas dan 3 siswa dinyatakan tidak tuntas. Kata Kunci: minat belajar, metode icebreaking

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alqorni

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Jurnal kami bertujuan untuk menerbitkan penelitian atau karya tulis ilmiah lainnya yang berkualitas tinggi di bidang Ilmu al-uran dan Tafsir, dengan penekanan khusus pada aspek Hukum, Sains, historis, teologis, dan sosial-budaya. Kami menyambut artikel penelitian asli atau KTI, ulasan, dan esai ...