Pembangunan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4 yang merupakan salah satu proyek nasional yang dikerjakan oleh PT. Waskita Karya (Persero), Tbk. yang bertujuan untuk memajukan sektor ekonomi dan industri serta rencana jangka panjang pemerintah untuk memajukan infrastruktur jalan tol Trans Jawa.Pekerjaan cut and fill harus diperhatikan dengan seksama karena menggunakan banyak alat berat. Disebabkan kapasitas yang berbeda-beda maka alat yang dugunakan dipilih dengan hati-hati untuk memaksimalkan penggunaan dan meminimalkan biaya sewa. Data tersebut berupa bentang proyek sepanjang 5 km yang terdiri dari pekerjaan cut 1.163.116,822 m3 dan pekerjaan fill 46.859,675 m3. Langkah pertama mengidentifikasi jenis pekerjaan dan volume pekerjaan yang dilakukan untuk menentukan alat berat yang layak digunakan dan jumlahnya. Selanjutnya untuk Langkah kedua adalah menentukan variabel keputusan, fungsi tujuan, dan fungsi kendala, kemudian memasukkannya ke dalam Dynamic Programming. Analisis menghasilkan 8 alternatif untuk masing-masing pekerjaan cut dan pekerjaan fill. Dari hasil analisa biaya paling optimum untuk pekerjaan cut terdapat pada kombinasi 1 yang berupa kombinasi dari (EXC 1 - DT 1 - BD 1) dengan total biaya sebesar Rp.604.830.363,24 sedangkan pekerjaan fill terdapat pada kombinasi 2 yang berupa kombinasi dari (EXC 1 - DT 2 - BD 1 - VR 1 - PR 1 - MG 1 - WTT 1)dengan total biaya sebesar Rp.39.960.715.001,56.
Copyrights © 2024