Analisis kelayakan pembanguna jalan tol Malang-Kepanjen sangat penting bagi masyarakat pengguna jalan, pemerintah, dan investor. Tujuan penelitian ini yaitu memberikan opsi bagi masyarakat dalam hal pengguna jalan menentukan rute perjalanannya dan menjadi salah satu pertimbangan untuk pemerintah dan investor dalam menganalisis kelayakan pembangunan dari aspek finansialnya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan data primer berupa hasil survei volume lalu lintas di beberapa titik pada jalan eksisting di sekitar tol Malang-Kepanjeng dan data sekunder berupa data geomteri jalan tol Malang-Kepanjen, PDRB dan populasi penduduk Kota Malang, nilai investasi jalan tol Malang-Kepanjen serta harga komponen BOK. Tahapan analisis data dalam penelitian ini terdiri atas 5 tahapan yaitu forecasting, trip assignment dengan menggunakan metode Smock dan dibagi menjadi 2 seksi, analisis kondisi jalan atau kinerja lalu lintas sebelum dan sesudah proyek, analisis kelayakan ekonomi dan kelayakan finansial berdasarkan perhitungan pendapatan tarif tol, BCR, NPV, Internal Rate of Return (IRR) dan Payback Period (PP). Berdasarakan hasil analisis, didapatkan aspek kelayakan finansial menurut data volume hasil perhitngan dapat diketahui nilai BCR (1,16 > 1), nilai NPV (510.338,2 (million) > 1), nilai IRR (13,70% > 5,25%) dan PP (45 tahun < 50 tahun) serta tarif tol Malang – Kepanjen sebesar Rp. 1200/Km serta kenaikan tarif tol 12% per dua tahun.
Copyrights © 2024