Journal of Biology Science and Education
Vol. 6 No. 1 (2018): Juni

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Perhatian Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu

Safitri, Lisa (Unknown)
Tellu, Andi Tanra (Unknown)
Paudi, Ritman Ishak (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap perhatian belajar siswa tentang biologi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitianNon Equivalen Control Group Design.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA II sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA III sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini memberikan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe think pair sharepada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa.Hasil penelitian diperoleh dari angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji-ANOVA, dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung 3,614 yang menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair shareberpengaruh nyata terhadap perhatian belajar siswa tdengan nilai signifikansi sebesar 0,016yang menunjukkan nilai signifikan <0,05, artinya ada perbedaan nilai rata – rata dari hasil angket, Maka Ha diterima dan Ho di tolak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ejipbiol

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

Journal of Biology Science and Education (JBSE) is an Open Access Scientific Journal published by Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Journal of Biology Science and Education is a peer-reviewed journal that publishes original article in ...