Journal of Biology Science and Education
Vol. 8 No. 1 (2020): Juni

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu

Humaira (Unknown)
Jamhari, Mohammad (Unknown)
Paudi, Ritman Ishak (Unknown)
Bialangi, Mursito S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design. Penelitian dilakukan pada dua kelompok kelas : kelas VII A (n=32) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B (n=27) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pusposive sampling. Instrument utama yang digunakan yaitu tes essay sebanyak 10 butir soal yang kemudian dianalisis dengan uji hipotesis bantuan software SPSS 18,0 independent samples test t- test. Hasil hipotesis menggunakan bantuan software SPSS diperoleh data Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ejipbiol

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

Journal of Biology Science and Education (JBSE) is an Open Access Scientific Journal published by Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Journal of Biology Science and Education is a peer-reviewed journal that publishes original article in ...