Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan self efficacy terhadap sikap entrepreneur mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan deskriptif korelasional. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi sebanyak 35 mahasiswa yang diperoleh dengan teknik convenience sampling Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup tentang persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dengan jawaban berdegradasi sesuai skala likert dan telah divalidasi ahli. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor persepsi mahasiswa terhadap pendidikan kewirausahaan sebesar 3,15 dengan kategori Baik, self efficacy sebesar 3,12 dengan kategori Baik, dan sikap entrepreneur sebesar 3,06 dengan kategori Baik; (2) ada pengaruh pendidikan kewirausahaan (X1) dan self efficacy (X2) secara bersama-sama (simultan) terhadap sikap entrepreneur (Y) dengan nilai F sebesar 45,180 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha pengujian 0,05 (<0,05); (3) nilai R Square sebesar 0,738 atau 73,8%, artinya bahwa pendidikan kewirausahaan (X1) dan self efficacy (X2) secara bersama-sama (simultan) mempengaruhi sikap entrepreneur (Y) sebesar 73,8% dan sisanya dipengaruhi variabel atau faktor lainnya.
Copyrights © 2022