Multi Discere Journal
Vol. 1 No. 1 (2022): May

Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Self Efficacy terhadap Sikap Entrepreneur Mahasiswa Pendidikan Biologi

Bohari, Al Hafifudin (Unknown)
Muliadi, Agus (Unknown)
Jannah, Husnul (Unknown)
Kalean, Arman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan self efficacy terhadap sikap entrepreneur mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini merupakan  penelitian ex post facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan deskriptif korelasional. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi sebanyak 35 mahasiswa yang diperoleh dengan teknik convenience sampling Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup tentang persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dengan jawaban berdegradasi sesuai skala likert dan telah divalidasi ahli. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor persepsi mahasiswa terhadap pendidikan kewirausahaan sebesar 3,15 dengan kategori Baik, self efficacy sebesar 3,12 dengan kategori Baik, dan sikap entrepreneur sebesar 3,06 dengan kategori Baik; (2) ada pengaruh pendidikan kewirausahaan (X1) dan self efficacy (X2) secara bersama-sama (simultan) terhadap sikap entrepreneur (Y) dengan nilai F sebesar 45,180 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha pengujian 0,05 (<0,05); (3) nilai R Square sebesar 0,738 atau 73,8%, artinya bahwa pendidikan kewirausahaan (X1) dan self efficacy (X2) secara bersama-sama (simultan) mempengaruhi sikap entrepreneur (Y) sebesar 73,8% dan sisanya dipengaruhi variabel atau faktor lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Multi Discere Journal is a peer-reviewed, open-access academic journal that serves as a platform for scholars, researchers, and practitioners to disseminate original, high-quality research across various disciplines. Rooted in the Latin phrase "discere" (to learn), the journal champions ...