Tujuan riset ini untuk mengetahui proses rekrutmen dan seleksi, orientasi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, serta penilaian performa pendidik di Sekolah Al Biruni Tegal. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran, jika pengelolaan tenaga pendidik di sebuah lembaga pendidikan tersebut baik, maka akan berdampak pada kualitas pendidikan yang efektif dan efisien. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi/ pengamatan, dan studi dokumen. Jenis yang digunakan adalah data kualitatif, bersumber dari unsur manajeman pendidikan, kepala sekolah, dan tenaga pendidik. Metode penelitian yaitu analisis deskriftif berupa kata-kata dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses rekrutmen tenaga pendidik dilakukan setelah melakukan analisa kebutuhan tenaga pendidik. Adapun standard yang ditetapkan oleh manajemen yang paling utama dalam proses rekrutmen adalah calon tenaga pendidik harus memiliki sikap, kecerdasan, dan keterampilan hidup (lifeskill) yang memadai. Ketiga kompetensi ini akan terus diasah dalam program pelatihan guru.
Copyrights © 2022